Market

Hafisz Tohir Pacu SDGs Agar Indonesia Tak Terpeleset ke Zona Merah

Hafisz Tohir Pacu SDGs Agar Indonesia Tak Terpeleset ke Zona Merah
Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Achmad Hafisz Tohir dalam kegiatan IPU di Bali/Sumber Foto: Dok Pribadi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar terwujud sinergi dan kerja sama guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) di 2030.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Achmad Hafisz Tohir dalam rangkaian acara “BKSAP DAY” yang mengusung tema “Diplomasi Parlemen, Potensi Daerah, dan Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. “Kita mendiskusikan peran diplomasi DPR dalam kerangka memaksimalkan potensi Kota Bandung dalam kerangka percepatan SDGs yang akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Hafisz Tohir dalam kunjungannya ke Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Rabu, (06/12/2023).  “Upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan sangatlah diperlukan untuk mencegah agar kita tak lagi terpeleset ke zona merah,” sambungnya.

Dalam acara tersebut, Hafisz Tohir berbicara tentang pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Secara umum SDGs memiliki 169 target yang terangkum dalam 17 tujuan besar, yang semuanya diharapkan bisa tercapai pada 2030.

Mantan Ketua Komisi VI DPR itu menambahkan bahwa Sustainable Development Report 2023: Implementing SDG Stimulus menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 75, alias naik lagi 7 peringkat dalam 1 tahun. Namun, peringkat 75 dari 166 yang Indonesia peroleh tahun ini sebetulnya bukanlah posisi yang hebat. Yang membaik adalah SDG11 (kota dan pemukiman yang berkelanjutan) dan SDG17 (kemitraan). “Tetapi, ini sebetulnya belumlah bisa dinyatakan sebagai kemajuan yang signifikan. Upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan sangatlah diperlukan untuk mencegah agar kita tak lagi terpeleset ke zona merah,” ungkap Politisi Fraksi PAN ini.

Hafisz Tohir menjelaskan dalam mewujudkan tercapainya TPB di 2030 perlu adanya kerja sama dengan pemerintah daerah salah satunya dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung. “Kota Bandung memiliki banyak potensi untuk menjadi kota destinasi wisata Internasional. Sehingga poin SDG11 (kota dan pemukiman yang berkelanjutan) dan SDG17 (kemitraan) bisa terus membaik di tahun-tahun berikutnya,” paparnya.

Kegiatan “BKSAP Day” di Institut Teknologi Bandung diharap bisa menjadi langkah awal sinergisitas antara BKSAP DPR RI dengan pemerintah daerah. Pada kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Bappeda Jawa Barat mewakili Pejabat Gubenur Jawa Barat serta Staff Ahili Walikota Bidang Pembanguna, Ekonomi, dan Keuangan sebagai perwakilan Pejabat Walikota Kota Bandung.***

Penulis     :    Iwan Damiri

Editor      :      Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top