Nasional

FPKB: Gus Sholah, Ulama Teknokrat yang Rendah Hati

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua MPR RI H. Jazilul Fawaid mengaku kehilangan tokoh yang langka dalam politik nasional dengan wafatnya Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, KH. Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), pada Minggu (2/2/2020) pukul 22.55 WIB di RS Harapan Kita Jakarta.

Mengapa? Karena Gus Sholah meski kritis terhadap berbagai masalah di masyarakat maupun pemerintah, tapi dilakukannya dengan gaya santri; sejuk, rendah hati, menyatukan (islah) dan tidak pernah menyakiti siapapun yang berbeda pandangan dengan beliau.

“Pokoknya Gus Sholah itu merupakan tokoh yang terbuka, pemersatu dan sukses membangun Pesantren Tebuireng. Maklum, beliau itu seorang insyur (Ir) dari ITB Bandung. Itu pendidikan yang langka dan keren di zamannya,” kata Waketum PKB itu di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (3/2/2020).

Terbukti lanjut Jazilul, Pesantren Tebuireng mengalami kemajuan dan perkembangan pesat, dan mampu memadukan pendidikan agama dan modern sekarang ini. “Pesantren Tebuireng kini memiliki puluhan ribu santri dan pembangunannya modern,” pungkasnya.

Gus Sholah pun akhirnya dimakamkan di pemakan keluarga di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada Senin (3/2/2020) petang. Robuan santri menyambutnya dengan haru dan menangis, karena merasa kehilangan akan pimpinan pesantrennya tersebut.

Tampak sejumlah tokoh yang harus berdesakan dengan warga yang memadati makam keluarga tersebut antara lain; KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan sejumlah tokoh serta kiai lainnya.

Talqin dan tahlil langsung dipimpin oleh KH Masduki Abdurrahman al-Hafiz, sambutan atas nama pesantren disampaikan KH. Abdul Hakim Mahfudz selaku Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng. Berikutnya adalah Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Haidar Nasir (Ketua Umum PP Muhammadiyah), dan diutup doa oleh KH. Mustofa Bisri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top