Nasional

Arsul Sani: Gus Sholah Tokoh Kritis yang Menyatukan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani mengakui ketokohan cucu pendiri NU KH. Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) selama ini sebagai tokoh yang kritis, santun dan menyatukan semua kekuatan elemen masyarakat.

“Jadi, kita kehilangan seorang tokoh yang kritis, tapi menyatukan. Kenapa? Meski mengkritisi sesuatu, tapi dilakukan dengan cara yang tidak ekstrem, dan ketika menyampaikan pandangan dilakukannya dengan sejuk,” demikian Sekjen PPP itu di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (3/2/2020).

Persoalannya kata anggota Komisi III DPR itu, kalau tokoh-tokoh moderat dan penyejuk seperti beliau itu terus berkurang, apalagi habis, tentu semua sangat prohatin. Meski kematian itu suatu keniscayaan, namun Arsul Sani berharap akan muncul tokoh-tokoh pemersatu yang lain.

“Posisi Gus Sholah itu selalu bisa menyatukan berbagai elemen masyarakat yang berbeda pandangan. Dan, dalam politik cenderung menjaga jarak yang hampir sama. Hal itu bisa kita lihat dari pelayat yang hadir. Semoga beliau husnul khotimah,” pungkasnya.

Gus Sholah pun akhirnya dimakamkan di pemakan keluarga di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada Senin (3/2/2020) petang. Robuan santri menyambutnya dengan haru dan menangis, karena merasa kehilangan akan pimpinan pesantrennya tersebut.

Tampak sejumlah tokoh yang harus berdesakan dengan warga yang memadati makam keluarga tersebut antara lain; KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan sejumlah tokoh serta kiai lainnya.

Talqin dan tahlil langsung dipimpin oleh KH Masduki Abdurrahman al-Hafiz, sambutan atas nama pesantren disampaikan KH. Abdul Hakim Mahfudz selaku Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng. Berikutnya adalah Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Haidar Nasir (Ketua Umum PP Muhammadiyah), dan diutup doa oleh KH. Mustofa Bisri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top