Industri & Perdagangan

Erick Thohir: Vaksi Anti Covid-19 Produk Indonesia Dipastikan Halal

Erick Thohir: Vaksi Anti Covid-19 Produk Indonesia Dipastikan Halal

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pemerintah memastikan vaksin anti Covid-19 yang diproduksi PT Bio Farma dipastikan halal dan memenuhi persyaratan. Sekarang ini vaksin tersebut masih pada uji klinis takap III. “Alhamdulillah, ini aman dan dipastikan halal. Makanya, pada uji perdana pihak MUI hadir untuk melihat bagaimana proses daripada vaksin perdana ini,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Lebih jauh kata Erick, penyuntikan vaksin perdana kepada para relawan telah dilaksanakan di Bandung.  “Kemarin bangsa-bangsa lain juga cukup kaget ketika kita berhasil melakukan uji vaksin perdana pada 11 Agustus,” ujarnya.

Erick menjelaskan vaksin tersebut nantinya akan disuntikkan ke 1.620 relawan yang telah mendaftarkan diri. Jika produksi itu aman, maka pada akhir 2020 vaksin Covid-19 bisa diproduksi secara massal. “Nanti kalau ini semua berjalan baik dan sukses sehingga imunisasi massal pada bulan Januari atau Februari paling telat, kita bisa lakukan untuk bangsa kita,” terangnya.

Namun sayang, lanjut Erick, keberhasilan Indonesia memproduksi vaksin tersebut tak mendapat respon positif di luar negeri. Bahkan beberapa media asing memberitakan penanganan Covid-19 di Indonesia buruk. “Selama ini kadang-kadang pemberitaan di media-media luar, itu seakan-akan kita tidak berdaya kepada covid-19,” tuturnya.

Padahal kata Erick, di Indonesia tak ditemukan adanya antrean pasien Covid-19 di rumah sakit. Selain itu, tak terjadi pula adanya masyarakat yang mengantre bahan makanan. “Padahal kita ketahui, bagaimana TNI/Polri dan seluruh bangsa kita memastikan tidak ada yang namanya antrean rumah sakit, antrean makanan dengan baik,” kata dia.

Di tengah pemberitaan negatif tersebut, lanjut Erick, Indonesia malah menunjukan kemampuannya di bidang kesehatan. Sebab, saat ini uji klinis tahap III vaksin Covid-19 tengah berlangsung di Indonesia. “Kemarin Alhamdulillah, Indonesia salah satu negara yang melakukan uji perdana vaksin yang cukup cepat. Kalau kita lihat kemarin kita bisa kasih lihat ke seluruh dunia, bahwa kita ini bangsa yang serius bekerja,” ucap dia.

Sebagai informasi, Pemerintah menargetkan vaksin Covid-19 dapat diproduksi sendiri oleh Bio Farma pada tahun depan. Dalam setahun, Bio Farma ditargetkan mampu memproduksi 250 juta dosis. Produksi akan dilakukan setelah uji klinis tahap ketiga tuntas dilakukan. Ditargetkan, uji klinis itu selesai pada Januari 2021, sehingga Bio Farma bisa langsung memproduksi vaksin virus corona pada kuartal I-2021. ***

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top