Nasional

DPR: Kartu Prakerja Bisa Dilanjutkan Pasca Temuan KPK

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil.Ketua MKD Saleh Partaonan Daulay minta temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Kartu Prakerja harua ditindaklanjuti oleh penegak hukim, meski telah berjalan 3 angkatan.

“Program Kartu Prakerja, memang menyisakan masalah dari sisi pengawasan. Sebab, pelaksananya diberikan kepada PMO (Programm Managment Officer) yang berada di bawah Menko Perekonomian,” tegas Wakil Ketua FPAN DPR itu, Jumat (19/62020).

Sementara, PMO tersebut tidak memiliki mitra kerja di DPR. Sehingga agak kesulitan jika diundang untuk rapat. “Jadi, kalaupun kartu prakerja tetap dilanjutkan, maka seluruh masukan yang disampaikan DPR, KPK dan masyarakat perlu dijadikan sebagai referensi,” ujarnya.

Baik, pandangan, masukan, dan kritikan yang disampaikan dinilai sangat penting. Tidak hanya dari sisi rekrutmen peserta, tapi juga menyangkut penunjukan platform materi dan kurikulum, modul pelatihan, metode dan sistem pembelajaran, link and match dengan dunia usaha, dan lain-lain yang bersifat teknis.

Sebagai pengingat lanjut Saleh, adalah wakil rakyat yang sejak awal mengkritisi program Kartu Prakerja, yanb menyuarakan agar kartu prakerja tersebut dihentikan. Dan, anggaran Kartu Pra Kerjabisa direalokasi untuk kebutuhan bantuan sosial di masa pandemi ini. “Dengan begitu, masyarakat akan merasakan manfaatnya lebih luas,” pungkasnya.

Sememtara itu KPK masih terus melakukan penyelidikan terhadap program kartu prakerja yang sudah berjalan tiga angkatan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top