Nasional

Cak Imin Jadi Tokoh Nasional Paling Positif di Medsos

Cak Imin Jadi Tokoh Nasional Paling Positif di Medsos
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin)/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Hasil survei yang dilakukan Drone Emprit menunjukkan bahwa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) memiliki narasi positif tertinggi sebagai tokoh politik nasional yang berpotensi maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tingkat favorabilitas atau narasi positif yang terkait dengan nama Gus Muhaimin mencapai 96%. “Muhaimin memiliki favorabilitas tertinggi, dengan nada positif sebesar 96%,” ujar Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, dikutip dari hasil survei bertajuk Popularitas Tokoh Politik di Indonesia: Pemberitaan dan Perbincangan di Media Online dan Media Sosial yang diunggah di akun Twitter @ismailfahmi, dikutip Rabu (26/10/2022).

Dalam survei yang dilakukan pada 1 – 17 Oktober 2022 itu, nama Gus Muhaimin mengungguli nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dan Menteri BUMN Erick Thohir yang masing-masing mendulang 94% sentiment positif. Di lain pihak, tokoh dengan perolehan negatif tertinggi adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 25%, diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (23%), dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (17%).

Ismail Fahmi menyatakan bahwa sebagai tokoh dengan favorabilitas positif tertinggi, beberapa asosiasi positif terhadap Gus Muhaimin adalah “Santri, Panglima, Gus”. Sebaliknya, beberapa asosiasi negatif pada AHY sebagai tokoh dengan sentimen negatif tertinggi adalah “AHYBauKencur, DemokratKoruptor, HambalangMangkrak”. “Sebagian besar asosiasi negatif pada AHY berupa kampanye yang sengaja diangkat dengan terstruktur dan massif,” katanya.

Sementara itu, sebagai tokoh yang kuat disebut sebagai salah satu Capres 2024, beberapa asosiai positif pada Prabowo antaranya adalah “Bapak, Presiden, selamat”, yang merujuk pada ucapan selamat ultah dan doakan Prabowo menjadi Presiden 2024. Sedangkan asosiasi negatif terhadap Prabowo di antaranya “mending, masanya, musuh-musuhan”, yang merujuk pada penilaian publik bahwa kesempatan emas Prabowo menjadi Presiden telah lewat.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menanggapi positif adanya temuan bahwa nama Gus Muhaimin menduduki posisi teratas tokoh yang memiliki narasi atau sentimen positif di medsos. “Kita memang terus mengupayakan agar medsos bisa kita jadikan sebagai media branding yang positif. Jangan sampai medsos yang bisa diakses semua kalangan, termasuk anak-anak, justru dijadikan sebagai tempat “sampah”, tempat caci maki, ujaran kebencian dan lain sebagainya,” ujar Gus Jazil.

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan bahwa kontestasi politik adalah kontestasi gagasan, ide untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Karena itu, dalam memilih calon pemimpin bangsa, track record yang positif sangat penting sebagai pertimbangan. “Dan kita semua tahu Gus Muhaimin memiliki rekam jejak, pengalaman yang panjang. Dan juga bisa dilacak, Gus Muhaimin tidak pernah menebar ujaran kebencian terhadap tokoh politik lainnya,” katanya.

Temuan Drone Emprit ini, kata Gus Jazil, mengonfirmasi bahwa Gus Muhaimin merupakan sosok yang terus mengupayakan dan memberikan narasi yang positif. “Gus Muhaimin selalu mengajarkan politik yang sejuk, ceria, riang gembira. Bukan politik adu domba dengan narasi-narasi kebencian dan sebagainya,” tuturnya.

Penulis   : M Arpas

Editor    : Budiana

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top