Nasional

Buka Pameran Foto, Puan Minta WFP Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ketua DPR Puan Maharani meminta masyarakat tidak boleh lengah melakukan protokol kesehatan. Karena itu, para jurnalis juga diminta melalukan sosialisasi terkait Covid-19. “Pelaksanaan protokol kesehatan tidak boleh kendor, baik di bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun dan tempat-tempat lainnya, termasuk DPR,” katanya usai membuka pameran foto yang berlangsung di Lobby Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jumat (11/12/2020).

Meski libur akhir tahun sudah dikurangi, kata Puan lagi, namun potensi meningkatnya arus transportasi pada akhir Desember 2020 harus tetap diperhatikan. “Pemerintah agar segera melakukan upaya yang lebih kuat,” ujarnya sambil terus mendorong para jurnalis meningkatkan karya fotonya yang terkait pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Ketua Koordinatoriat Wartawan Pressroom DPR, Marlen Sitompul mengatakan karya para jurnalis foto ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah, karena mengambil thema Parlemen New Normal. Artinya, dalam situasi yang serba terbatas, parlemen tetap bisa melaksanakan fungsi-fungsinya. Bahkan WFP mampu memberikan rekaman-rekaman hasil kerja parlemen selama Covid-19 berlangsung.

Seperti diketahui, Wartawan Foto Parlemen (WFP) kembali menggelar Pameran Foto Warna-Warni Parlemen #9 2020, pameran foto yang berlangsung di Lobby Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan ini merekam berbagai macam peristiwa yang dilakukan oleh wakil rakyat yang duduk di kursi Parlemen.

Mulai dari transisi perpindahan pimpinan antara Bambang Soesatyo ke Puan Maharani, hingga dinamika yang terjadi saat pembahasan undang-undang yang banyak menjadi perhatian khalayak luas. Banyak lagi ragam kegiatan yang terekam lensa pewarta foto DPR. Baik itu kegiatan ekternal maupun internal Parlemen.  Melalui pameran foto di tahun ke-9 ini, sebanyak 15 pewarta foto dari 14 media mengekspresikan karyanya yang sudah secara rutin di gelar dari tahun ke tahun.  Pameran ini bertujuan agar anggota DPR mendapatkan masukan, saran, dan kritik yang konstruktif, utamanya dalam bentuk visual. Ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini, kerja pewarta foto benar-benar dibuat semakin menantang.

Work From Home atau yang kita kenal dengan WFH adalah kata yang mustahil bagi sejumlah pewarta foto. Oleh sebab itu, melalui pameran ini kami berharap penerapan protokol kesehatan yang ketat di Parlemen juga di imbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai agar para pewarta yang biasa meliput di parlemen dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
“Semoga DPR dapat memberikan sistem dan mekanisme yang baik agar teman-teman wartawan dapat meliput dengan sehat dan aman” ujar Ketua Panitia Pameran Foto, Didik Setiawan usai pembukaan pameran.

Dari 1246 foto yang masuk, terpilih 101 foto yang di kuratori oleh fotografer senior Media Indonesia, Susanto. Tak lupa, pada pameran ini Wartawan Foto Parlemen juga mengenang wafatnya fotografer senior Detikcom Lamhot Aritonang, yang juga merupakan pewarta foto senior yang juga kerap meliput di Parlemen. “Lewat pameran ini kami juga menggalang donasi untuk kepergian senior kami Lamhot Aritonang, semoga dapat sedikit meringankan beban keluarga kecilnya,” tambah Didik.

WFP mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan DPR, pengurus dan anggota Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP), tak lupa kepada Biro Pemberitaan Parlemen yang sudah memberikan dukungannya. Pameran foto bertajuk “Parlemen New Normal” ini dapat dinikmati dari 11 Desember hingga 16 Desember 2020. Terbuka untuk umum dan gratis. ***

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top