Perbankan

BI: Transaksi Ekonomi Digital Capai Rp30,8 Triliun

BI: Transaksi Ekonomi Digital Capai Rp30,8 Triliun
Nasabah Bank DKI Sedang Melakukan Transaksi Digital/Foto : Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Bank Indonesia (BI) mengungkapkan nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 mencapai Rp 30,8 triliun, tumbuh sekitar 12 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 27,3 triliun. Adapun total volume transaksi e-commerce mencapai 222,9 juta transaksi pada Februari 2022, meningkat sekitar 27 persen dibanding Februari tahun lalu sebanyak 174,6 juta transaksi. “Pertumbuhan terjadi pada nilai dan juga volume transaksi e-commerce secara tahunan (year on year/yoy),” kata Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Menurut Filianingsih, dalam 2 Tahun terakhir Transaksi e-commerce Januari 2022 vs Februari 2022 Meskipun demikian, jika dibandingkan bulan sebelumnya, baik nilai maupun volume transaksi e-commerce pada Februari kemarin mengalami penurunan.

BI mencatat, kata Filianingsih, pada Januari 2022 nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 35,8 triliun dengan volume transaksi mencapai 261,5 juta transaksi. “Memang kalau dibandingkan Januari ke Februari ada sedikit penurunan. Karena apa? Karena ini faktor seasonal, habis bapak ibu belanja habis-habisan di Nataru di Januari, Februari biasanya kan turun,” ujarnya

Lebih lanjut Filianingsih meyakini, ke depan transaksi e-commerce akan terus mengalami pertumbuhan, apalagi pada April terdapat momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, perluasan kanal pembayaran digital atau digital payment juga akan mendongkrak jumlah transaksi e-commerce di kalangan masyarakat.

Pada saat bersamaan, saat ini telah terjadi pergeseran pola konsumsi, dari semula bergantung kepada toko fisik, kini beralih ke platform digital. “Yang tadinya tidak pernah belanja online saat ini mulai belanja online. Dan sekali mendapat customer experience, bertumpuk-tumpuk menjadi behaviour,” pungkasnya. ***

Penulis     :    Iwan Damiri
Editor       :    Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top