Nasional

Bantah Maju Cagub Sumbar, Andre Janji akan Terus Kritisi Irwan Prayitno

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Andre Rosiade yang terus lantang mengkritisi kinerja Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, malah berjanji akan terus mengkritisi kebijakan dan kinerjanya hingga berakhir masa jabatannya sebagai kepala daerah. Kritik itu sama sekali tak terkait dengan PKS dan Pilkada 2020.

“Kritik saya pada Pak Irwan Prayitno sama sekali tak terkait dengan PKS dan atau pilkada 2020. Saya tak maju di pilkada 2020. Jadi, tak ada motivasi apapun selain mengkritisi pejabat publik, masak tak boleh?” tegas Andre di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Jika sebelumnya Andre meminta pemakzulan terhadap Irwan Prayitno, karena ke luar negeri sebanyak 12 kali selama 2019, dan meninggalkan tugasnya sebagai kepala daerah, yang sedang ditimpa bencana di Solok, Sumatera Barat, tapi permintaan itu turun menjadi hak interpelasi dan hak angket.

“Semula saya dorong untuk pemakzulan, kemudian turun menjadi interpelasi dan hak angket. Lalu, ada ancaman penembakan, saya tak takut dan akan terus kritisi Pak Irwan Prayitno,” katanya.

Pergi ke luar negeri hingga 11 atau 12 kali itu tak sedikit, dan itu bertentangan dengan Permendagri No. 59 tahun 2019 tentang tata cara perijinan ke luar negeri. “Irwan Prayitno melanggar Permendagri itu, dan Mendagri Tito Karnavian sedang investigasi kasus itu,” jelas anggota Komisi VI DPR RI itu.

Karena itu, jika nanti kasusnya itu sampai ke Komisi II DPR RI lanjut Andre, maka dirinya akan minta untuk diperbantaukan (BKO) ke Komisi II DPR untuk berhadap-hadapan dengan Irwan Prayitno. “Jadi, kritik saya tak terkait dengan Pilkada 2020, dan mungkin saya maju di pilkada 2024,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top