Industri & Perdagangan

Anak Usaha RAJA Bidik Produksi Biogas

Anak Usaha RAJA Bidik Produksi Biogas
Ilustrasi produksi biogas/Sumber foto: UNNES

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Anak usaha PT.Rukun Raharja Tbk (RAJA), yakni PT.Energasindo Heksa Karya (EHK) berencana memproduksi biogas dengan memanfaatkan gas etana dari berbagai produk limbah. Adapun pengembangan itu dilakukan melalui kerja sama dengan PT Moriuchi Indonesia terkait sudi kelayakan biogas. “MI merupakan pelanggan potensial dalam penggunaan biogas, oleh karenanya studi kelayakan ini akan dilakukan di Kota Bandung dimana lokasi pabrik utama MI berada,” kata Direktur Utama EHK Agustinus Hendrayana di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Lebih jauh Agustinus menjelaskan para pihak akan melakukan studi kelayakan produksi biogas dengan memanfaatkan gas metana yang berasal dari sampah organik seperti kotoran hewan ternak di peternakan, POME (air limbah pabrik kelapa sawit), air limbah pabrik, limbah padat kota dari TPA, dan sebagainya. “Pada kajian ini juga mencakup pengiriman biogas dengan truk dari sumber biogas potensial ke pabrik MI Bandung untuk digunakan sebagai bahan bakar boiler, bukan gas alam terkompresi (CNG),” ujarnya.

Menurut Agustinus, studi kelayakan ini akan dimulai pada Oktober 2023 dan diharapkan hasilnya akan selesai pada semester 2 tahun 2024, sehingga tahun 2025 pembangunan pembangkit biogas ini sudah dapat dilaksanakan dan beroperasi. “Pada pelaksanaan studi kelayakan ini EHK telah menyiapkan seluruh infrastuktur yang diperlukan,” paparnya.

Agustinus menyebutkan, studi kelayakan ini nantinya akan mendapat dukungan penuh dari MI yang sebelumnya telah melakukan langkah-langkah untu mengurangi emisi karbon dioksida untuk memerangi pemanasan global. “EHK juga berharap dengan langkah ini EHK dapat menghasilkan kredit karbon di masa depan dan berkontribusi pada terwujudnya masyarakat netral karbon, yang merupakan tujuan pemerintah Indonesia,” ucapnya. ***

Penulis : Chandra
Editor  : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top