Market

Vaksinasi Booster Bareng Anak SD, Pemkab Tangerang Bisa Kesulitan Nakes

Vaksinasi Booster Bareng Anak SD, Pemkab Tangerang Bisa Kesulitan Nakes
Sekda Moch Maesyal Rasyid (Tengah) Saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi ketiga atau booster dengan para direktur RSUD, para camat, kepala Puskesmas, (12/01/2022)/Foto: A Rohman

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM-Pemerintah Kabupaten Tangerang mengaku belum mendapat petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Banten terkait pelaksanaan vaksinasi booster. Namun segala persiapan pelaksanaan vaksinasi booster sudah dikomunikasikan dan dikoordinasikan secara matang dengan seluruh pihak.
“Walaupun pelaksanaannya tanggal 12 Januari 2022 atau mungkin lusa, kita Kabupaten Tangerang sudah siap,” kata Sekda Moch Maesyal Rasyid ketika dicegat wartawan usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi ketiga atau booster dengan para direktur RSUD, para camat, kepala Puskesmas, Pimpinan RS mitra pemerintah dan layanan fasilitas kesehatan, Rabu (12/01/2022).

Menurut Maesyal Rasyid, para camat bersama unsur forkopimcam masing-masing, puskesmas, kepala desa/lurah sudah mempersiapkan tempat pelaksanaan vaksinasi booster tersebut. Selain itu, pelaksanaan vaksinasi booster ini berbarengan dengan vaksinasi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun. “Tinggal kondisi Nakesnya yang kita persiapkan, apabila Puskesmas sudah siap, cukup berarti kita tidak perlu lagi minta tenaga dari rumah sakit daerah dan rumah sakit mitra”, ucapnya.

Dijelaskan Mesyal, Pemkab Tangerang selain akan memprioritaskan para pelayan publik, TNI, Polri, para pemuka agama dan alim ulama, lansia di atas usia 60 tahun menjadi prioritas sasaran vaksinasi booster yang akan digelar serentak di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang. Sebanyak 27 ribu lansia di Kabupaten Tangerang tercatat sebagai peserta vaksinasi booster.  “Data yang ada pada kami, tercatat sebesar 27 ribu lansia usia 60 tahun ke atas yang telah melaksanakan dosis kedua 6 bulan yang lalu,” ungkapnya lagi.

Maesyal menambahkan, guna mengatasi kekurangan tenaga kesehatan karena adanya pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan vaksinasi booster yang berbarengan, maka Pemkab Tangerang sudah mengantisipasinya dengan meminta tenaga dari RSUD, rumah sakit-rumah sakit mitra serta tenaga dari penyelenggara fasilitas kesehatan lainnya.

Adapun rencana vaksin yang akan digunakan nanti pada pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten Tangerang adalah jenis Pfizer, Astrazaneca
dan Moderna. ***

Penulis     :     A Rohman
Editor       :     Budiono

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top