Perbankan

Vaksin Produksi Pfizer, OJK Optimis Berikan Efek Ke Pengusaha

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sejumlah perusahaan asing berlomba-lomba memproduksi vaksi anti Covid-19. Tak terkecuali perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS) Pfizer. Kehadiran vaksin itu diyakini menjadi salah satu faktor utama untuk pemulihan kesehatan dan perekonomian dari dampak pandemi Corona. “Ini juga akan memberikan confident ke pengusaha kalau ini hanya masalah waktu,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (10/11/2020)

Menurut Wimboh, pengusaha juga harus mengantisipasi hal itu dengan mempercepat proses pemulihan usaha. “Sehingga pengusaha tentunya lebih dini mengantisipasi, jangan ketinggalan kereta,” ujarnya.

Wimboh menjelaskan, untuk pengusaha menengah ke atas sebaiknya segera bangkit dalam menggerakkan roda bisnisnya. Pihak pengusaha harus segera menghitung jumlah pegawai, mempersiapkan berbagai infrastruktur untuk menjalankan perusahaan.

Lebih jauh kata Wimboh, sektor keuangan siap untuk mendukung jalannya sektor riil dengan likuiditas yang cukup bahkan ketika pandemi terjadi saat ini. “Dari sektor keuangan likuiditas cukup, jika ada kendala silakan dialog, ini sentimen yang positif,” ujarnya.

Wimboh pun mengatakan, pada akhir tahun pertumbuhan kredit bisa terjaga di kisaran 3 persen. Adapun hingga September lalu pertumbuhan kredit masih berada di posisi 0,12 persen. Angka tersebut sudah mulai menunjukkan tanda pemulihan. Di tahun 2022 mendatang, kredit pun diperkirakan bisa tumbuh di kisaran 5 persen. “Sehingga kami yakin akan lebih baik akhir tahun angkanya kredit sudah melihat bahwa pertumbuhan kredit bisa mencapai 3 persen akhir tahun ini. dan juga ringnya 2 sampai 3 persen ringnya,” ujar dia.

“Tahun depan bisa kembali meski belum full normal, tapi sudah lebih tinggi 2020. Diperkirakan mencapai 5 perse (yoy) sampai akhir 2022. Apabila ini Covid-19 sudah pulih, kami menyambut vaksin yang segera didistribusikan,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top