Market

Terobosan, Bayar Pajak Motor-Mobil Bisa Via Bukalapak

Bukalapak/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM— Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kini semakin mudah dilakukan. Saat ini pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, tak perlu lagi harus repot datang ke Samsat setempat untuk membayar pajak tahunan ini.

Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan via online. Salah satu marketplace yang sudah menyediakan pembayaran pajak kendaraan online adalah Bukalapak. Director of Payment, Fintech and Virtual Products Bukalapak, Victor Lesmana, menjelaskan sepanjang tahun 2020, jumlah pengguna rata-rata pembayaran pajak kendaraan online per bulan mencapai ribuan users.

Sebaran wilayah pengguna Samsat Online Nasional atau Samolnas meliputi Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta. “Kami berharap fitur pembayaran Samolnas dapat mempermudah wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara yang efisien, mudah diakses, dan real time,” kata Victor mengutip Kompas.com di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Samolnas bisa dibayarkan melalui metode pembayaran dari bank-bank yang sudah bekerja sama dengan Bukalapak via ATM transfer dan virtual account di Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan BNI. “Kami akan terus melakukan edukasi dan upaya memberikan informasi mengenai pelayanan ini kepada masyarakat luas, dengan harapan makin banyak pengguna yang mengetahui fitur ini,” ujarnya.

Pembayaran Samolnas juga bisa melalui metode pembayaran DANA, kartu kredit, serta jaringan gerai minimarket Indomaret dan Alfamart. “Pembayaran Samolnas melalui Bukalapak sangat praktis. Selama user sudah mempunyai kode billing, user tinggal memasukan kode billing tersebut ke fitur Samolnas di Bukalapak, mereka tinggal melakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang disediakan oleh Bukalapak, dengan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,” terang Victor.

Pengesahan stempel STNK

Untuk melakukan pengesahan, pemilik kendaraan bisa mendatangi kantor Samsat terdekat di daerah sesuai domisili maksimal 30 hari kalender setelah melakukan pembayaran dengan membawa beberapa dokumen, diantaranya KTP asli pemilik kendaraan, STNK asli, dan bukti pembayaran transaksi Samolnas di Bukalapak. “Khusus untuk wilayah DKI Jakarta akan dikirimkan ke alamat sesuai dengan STNK maksimal 30 hari. Sebagai informasi tambahan, ketentuan pengesahan elektronik bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku,” ungkap Victor.

“Terkait dengan kondisi pandemi saat ini, kami juga menganjurkan masyarakat untuk terus mengetahui atau memperhatikan kebijakan Korlantas provinsi setempat,” tambahnya.

Berikut cara bayar pajak kendaraan lewat online di Bukalapak: Untuk mendapatkan kode bayar pajak kendaraan, pemilik kendaraan harus mendaftarkan kendaraannya dengan mengunduh aplikasi Samolnas di smartphone. User melakukan pembuatan kode billing pada aplikasi Samolnas.

Beberapa informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan kode billing antara lain nomor KTP pemilik kendaraan, nomor polisi kendaraan (plat nomor), dan nomor rangka kendaraan (5 digit terakhir).

Sistem akan memproses data selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.

Setelah semua proses selesai, aplikasi Samolnas akan menampilkan kode bayar yang berlaku selama 2 jam. Setelah user mendapatkan kode pembayaran, pemilik kendaraan bisa membuka Bukapalak, baik via mobile atau desktop. User masuk ke entry point dari virtual product/produk virtual di kiri atas, lanjut ke tagihan, dan Samolnas Icon.

User melakukan pembayaran pada platform Bukalapak dengan melakukan input kode billing yang sudah didapatkan pada aplikasi Samolnas Sistem akan menampilkan tagihan pajak kendaraan yang harus dibayar Klik bayar sekarang, maka akan diarahkan ke halaman pilih metode pembayaran, lakukan pembayaran seperti yang ada di petunjuk pembayaran Transaksi selesai.

User menunggu stiker pengesahan STNK dikirim ke alamat rumah maksimal 30 hari untuk wilayah kendaraan khusus DKI Jakarta. Untuk wilayah Jawa barat dan Jawa Timur tetap melakukan pengesahan ke kantor Samsat terdekat. Sebagai catatan, Per 7 Juli 2020, kode billing untuk Samolnas DKI hanya dapat dilakukan pembayaran satu kali. Jika gagal maka user perlu generate kode billing baru lagi.

Sebagai informasi, Samolnas hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan dengan keterlambatan pembayaran pajak tidak lebih dari setahun. Kemudian apabila alamat wajib pajak tak sesuai dengan yang tertera di STNK, pemohon bisa melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Proses pengiriman bisa memakan waktu selama 7 hari. ***

Sumber: Kompas.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top