Market

Diakuisisi Rp10,9 Triliun, SIG Kuasai 83,52% saham PT.SBI

Diakuisisi Rp10,9 Triliun, SIG Kuasai 83,52% saham PT.SBI
Ilustrasi/Sumber Foto: Dok SIG

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM PT.Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) sahamnya kini dikuasai mayoritas oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Adapun sekitar 83,52% saham atau 7,53 miliar lembar saham milik SBI diakuisisi dengan nilai transaksi sebesar Rp10,99 triliun.

“Maka, posisi SBI kini sebagai anak usaha (cement making) langsung di bawah SIG seperti halnya PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa dan PT Semen Baturaja (Persero) Tbk,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni di Jakarta, Sabtu, (1/1/2023).

Lebih jauh Vita Mahreyni menjelaskan restrukturisasi tersebut bertujuan untuk memperkuat tata kelola SIG Group khususnya di bisnis semen. Dimana,
SIG dan SIIB (PT. Semen Indonesia Industri Bangunan) merupakan pihak terafiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020 karena SIIB merupakan anak perusahaan dari perseroan dan dikendalikan secara langsung oleh SIG dengan kepemilikan saham 99,9998 persen.

Setelah melakukan pemeriksaan yang wajar dan relevan, transaksi afiliasi tidak mengandung benturan kepentingan dan semua informasi material telah diungkapkan.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Perseroan mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.400 orang.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.***

Penulis : Kamsari
Editor   : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top