Market

Ringankan Beban Karyawan, Anas Thahir: THR 2021 Harus Dibayar

BANYUWANGI, SUARAINVESTOR.COM-Pandemi yang panjang membuat suasana ekonomi pada Ramadhan dan Idul Fitri sempat terpengaruh pada 2020 lalu. Namun kini,  ekonomi masyarakat sudah mulai bangkit, meski belum pulih benar.

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyoroti masalah Tunjangan Hari Raya (THR) yang menjadi hak karyawan. Karena ini merupakan perwujudkan sila ke lima, yakni Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sebentar lagi Lebaran tiba, karena itu para pelaku usaha supaya siap membayarkan THR 2021 kepada seluruh pekerja, sebisa mungkin tanpa dicicil dan tepat waktu,” kata Anggota MPR, Anas SY Thahir dalam acara sosialisasi 4 Pilar MPR di Pesanggarahan, Banyuwangi, Jumat (9/4/2021).

Lebih jauh kata Anggota Fraksi PPP, kebijakan pembayaran THR ini sangat penting, karena dampak pandemi selama lebih satu tahun telah mengakibatkan kemampuan ekonomi mereka merosot tajam.

Menurutnya, dengan dibayarkannya THR Lebaran secara utuh, maka diharapkan dapat meringankan beban keluarga para pekerja selama menghadapi Ramadhan dan Lebaran. “Hal ini sekaligus bisa menggairahkan ekonomi yang sudah berbulan-bulan mengalami kelesuan.”

Legislator dari Dapil Jatim III ini menjelaskan pembayaran THR akan berdampak langsung terhadap meningkatnya daya beli para pekerja Indonesia yang jumlahnya sangat besar. Dengan demikian otomatis akan berpengaruh positif terhadap perputaran roda ekonomi masyarakat terutama di desa-desa di level akar rumput. “Sehingga transaksi perdagangan di daerah akan ikut bergairah yang ujung-ujungnya juga akan menguntungkan para pelaku usaha,” ungkapnya lagi.

Namun, lanjut Mantan Wakil Sekjen PBNU, untuk meringankan beban para pengusaha dalam menyediakan anggaran THR, maka pemerintah perlu memberikan berbagai insentif dan stimulus. “Bisa melalui berbagai kebijakan yang meringankan para pelaku usaha, termasuk keringanan biaya pajak,” tuturnya.

Meski pandemi masih belum sepenuhnya pulih, lanjut Anggota Komisi IX DPR, namun saat ini geliat ekonomi masyarakat sudah mulai berangsur membaik. Sehingga dengan berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah, para pelaku usaha akan mampu membayar THR bagi para pekerja sebelum lebaran. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top