Infrastruktur

PO JRG Luncurkan 12 Bus Suite Class AKAP Untuk Trayek Jawa – Sumatera

PO JRG Luncurkan 12 Bus Suite Class AKAP Untuk Trayek Jawa - Sumatera
PO JRG Luncurkan 12 Bus Suite Class AKAP Untuk Trayek Jawa - Sumatera/foto anjasmara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Industri transportasi darat, khususnya bus, tampak semakin bergairah, yang ditandai dengan
meningkatnya permintaan jasa transportasi bus antara kota antara propinsi (AKAP) setiap tahunnya. Banyak perusahaan otobus (PO) memesan unit armada baru untuk meregenerasi dan memodernisasi
dengan beragam fitur modern agar dapat memenuhi keinginan pelanggan yang semakin beragam.

Salah satu PO yang jeli melirik potensi bisnis transportasi darat tersebut adalah PO Jasa Rahayu Gumpueng (PO JRG), yang berasal dari Aceh, dan karenanya memfokuskan bisnisnya untuk menggarap trayek di Pulau Sumatera.

Perusahaan ini dimiliki oleh pria kelahiran Aceh, yaitu Amir Gampong Gumpueng Pidie.
Amir adalah pengusaha bus yang telah berpengalaman bertahun-tahun mengelola ratusan bus pariwisata Mitra Rahayu yang beroperasi di Pulau Jawa, dan telah mempercayakan kepemimpinan PO JRG kepada putranya, yaitu Teuku Rival.

Saat ini Bus JRG melayani rute Banda Aceh, Medan, Lampung dan Bandung, serta memiliki pool di beberapa kota di Sumatera yaitu Aceh, Medan Padang, Lampung dan satu pool di Bandung, Pulau Jawa. Untuk menghadapi persaingan yang ketat di bisnis PO ini, PO JRG mengembangkan sistem seleksi pengemudi yang ketat, mulai dari kemampuan teknis, kepribadian, kedisiplinan dan etika; membuat SOP yang jelas untuk dipedomani seluruh karyawan, serta menerapkan sistem caring kepada penumpang dengan memberikan layanan yang paripurna baik dari sisi ketepatan waktu, kenyamanan
armada, dan keselamatan.

PO JRG di awal Februari 2023 ini baru saja meluncurkan 12 unit bus premium dengan menggunakan bodi Legacy SR3 Suite Class dan chasis Mercedes Benz O500R 1836 serta dilengkapi dengan bangku kabin penumpang tipe kursi yang ergonomis dan ruang kaki yang lapang seperti layaknya kursi pesawat bisnis, toilet yang bersih dan wangi, serta dilengkapi dengan perangkat hiburan di perjalanan berupa monitor VOD (Video on Demand).

Untuk kenyamanan penumpang, bus ini juga dilengkapi dengan sekat partisi antar ruang penumpang dan awak bus. Partisi ini dirancang agar kedap suara sehingga penumpang tidak akan terganggu kebisingan dari ruang awak bus. 12 armada bus ini merupakan rangkaian dari total 100 bus premium yang akan diluncurkan oleh PO JRG secara keseluruhan. Penyediaan armada bus premium terbaru ini berhasil diwujudkan berkat kerja sama PO JRG dengan Karoseri Adiputro dan Laksana, serta BPD Syariah Aceh.

Dengan diluncurkannya 12 bus premium JRG ini, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan
perekonomian daerah terutama di sepanjang rute yang dilalui oleh trayek bus JRG melalui pemanfaatan tol trans Sumatera yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Penulis: M Arpas

Editor: Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top