Market

PLN Utamakan Jaga Kinerja Keuangan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– PT PLN segera melakukan kebijakan efisiensi secara besar-besaran untuk menghemat anggaran korporat dalam melakukan operasional. BUMN Setrum ini sedang fokus pada pengendalian dan menyehatkan kinerja keuangan PLN. “Saya sudah berpesan untuk menjaga kinerja keuangan dengan baik, rasio keuangan juga harus baik dan efisien,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam RDP dengan DPR di Senayan, Jakarta, Selasa, (28/1/2020).

Lebih jauh Zulkifli menambahkan langkah perusahaan saat ini tidak akan melakukan pemborosan anggaran dalam melaksanakan tugas. “Direksi maupun komisaris akan upayakan agar keuangan PLN sehat neracanya, sehat cash flownya,” ujarnya.

Mantan Dirut Bank Mandiri sempat mengutarakan sebelumnya, neraca keuangan perusahaan yang sehat merupakan salah satu poin penting bagi PLN agar dapat melaksanakan mandat pemerintah.

“Tidak ada perusahaan yang mampu melaksanakan mandat kecuali keuangannya baik,” ucapnya lagi.

Selain menjaga neraca keuangan, Zulkifli menambahkan, PLN juga dituntut untuk mengatasi pemadaman listrik dan tarif yang terjangkau bagi masyarakat. “Kami menyadari harapan masyarakat, kita harus mampu atasi pemadaman listrik, sudah tentu tarif harus terjangkau,” katanya.

Dengan demikian, meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) juga menjadi poin penting, sehingga perusahaan lebih transparan dan akuntabel.

“Transparansi, keterbukaan kepada publik, kecepatan bertindak namun dengan struktural yang baik dan risiko yang terukur,” katanya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top