Nasional

Penetapan Darurat Nasional Corona, Presiden Jokowi Diminta Jalankan Saran WHO

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mengatakan surat badan kesehatan dunia WHO kepada Presiden Joko Widodo memberikan persetujuan atas bantuan distribusi Covid-19 sudah selakyaknya menjadi perhatian serius. Salah satunya soal pembaharuan perbaikan tanggap darurat, termasuk lewat penetapan status Darurat Nasional.

“Rekomendasi Darurat Nasional dari WHO untuk RI ini bukan hal yang berlebihan mengingat Badan Kesehatan PBB ini sudah lebih dulu menyetujui Darurat Global terkait distribusi Covid-19 ini,” ucap Charles Honoris di Jakarta, Jumat (12/3/2020).

Status Darurat Nasional untuk Mengembangkan Virus Corona semakin relevan Mengjngat jumlah kasus Corona di Indonesia kian hari kian semakin cepat.

Rekomendasi WHO itu, menurut politisi PDI Perjuangan ini, membahas tentang tujuan agar dapat mengintensifkan imbauan menghindari kegiatan sosial, juga perlu menjadi perhatian khusus, mengingat populasi penduduk RI terbesar ke-4 di dunia, dengan peningkatan tinggi di kota-kota tertentu.

“Selain bertanggung jawab atas rakyat dari Corona, pemerintah RI juga bertanggung jawab atas komunitas internasional untuk meredam pandemi global ini,” katanya.

Dengan demikian, jika Presiden Jokowi mengatakan penyebaran Corona tidak mengenal batas negara, maka penanganan Covid-19 ini juga tidak mengenal batas negara. “Artinya, tanggung jawab internasional untuk mengganti infeksi yang diperlukan oleh negara, termasuk Indonesia, dengan koordinasi dari WHO,” ucap Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top