Nasional

PDIP Rekomendasikan Pemerintah Bentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional

JAKARTA- Rapat koordinasi nasional (rakornas) DPP PDI Perjuangan yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, ditutup, Jumat (11/1/2019).

Rakornas dilaksanakan pada 10-11 Januari 2019 yang diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan ke-46,. Pada penutupan Rakornas tersebut Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menutup Rakornas yang dilaksanakan selama dua itu.

Dari 12 butir keputusan dan rekomendasi yang dibacakan Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani, salah satu butirnya mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional.

“Badan Riset dan Inovasi Nasional berfungsi mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya membumikan
Pancasila melalui Pembangunan Nasional yang berprinsip Berdikari di segala
bidang kehidupan baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya maupun mental
dan spritual yang berlandaskan riset ilmu pengetahuan dan inovasi sebagai cetak
biru (blueprint) Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan pembangunan dan industri
yang menempatkan rakyat sebagai subjek sekaligus tujuan dalam pembangunan
nasional dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam,” sebut Puan membacakan butir kedua rekomendasi tersebut.

Dalam rekomendasi lainnya, Puan menegaskan PDIP akan terus menerus berjuang untuk, mengarahkan, mengawal, mengamankan dan memastikan kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat agar tetap mengandung satu muatan, satu arah, serta satu haluan ideologi Pancasila sebagaimana termaktub
dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 sesuai dengan jiwa dan semangat
lahirnya tanggal 1 Juni 1945, berpijak pada UUD NRI Tahun 1945 dan haluan politik Trisakti.
Terkait penyelenggaraan Pemili Serentak 2019, Rakornas menegaskan komitmen PDI Perjuangan untuk mengikuti seluruh tahapan Pemilu Serentak tahun 2019 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan menjunjung etika dan keadaban politik serta menjaga dan mengawal agar proses Pemilu Serentak tahun 2019 ini berjalan dengan aman, damai, bebas, jujur dan adil. Untuk itu, PDI Perjuangan menegaskan dukungannya kepada seluruh penyelenggara pemilu (Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) serta semua pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019.

Selain itu Rakornas mendukung Komisi Pemilihan Umum dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilu secara profesional serta mendukung Badan Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk pelanggaran termasuk tindak pidana pemilu selama masa tahapan Pemilu Serentak tahun 2019.

Rakornas juga mengajak semua peserta pemilu dan seluruh lapisan masyarakat
Indonesia untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019 agar berjalan dengan aman dan damai serta bersama-sama menghindari dan memerangi segala bentuk kampanye hitam, berita bohong (hoax), politik uang, fitnah, dan ujaran kebencian yang dapat merusak dan mencederai demokrasi Indonesia serta dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.(ian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top