Market

Obligasi Berseri ORI018 Resmi Dijual

ORI/Kemenkeu.go.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko resmi menawarkan obligasi ritel negara seri ORI018 kepada publik, Kamis (1/10/2020). Penawaran obligasi berseri ORI018 bakal ditawarkan secara online atau e-SBN.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengatakan surat utang pemerintah tersebut ditawarkan dengan kupon sebesar 5,7 persen. Artinya, investor yang berinvestasi melalui surat utang pemerintah tersebut bakal mendapatkan imbal hasil sebesar 5,7 persen setiap tahun. “Return-nya menarik, saat ini 5,7 persen, dan itu sifatnya fixed, dan soal kemudahan, ini bekerja sama dengan mitra idstribusi (midis), ada 26 midis yang memasarkan dan bantu menjual ORI018,” ujarnya.

Menurut Luky, ORI018 merupakan instrumen investasi yang sekaligus bisa membantu pemerintah untuk membangun negeri. Pasalnya, ORI018 merupakan salah satu sumber pemerintah untuk membiayai APBN. Adapun tahun ini, instrumen APBN digunakan untuk membiayai anggaran pemerintah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Ini adalah keunggulan yang tidak dimiliki instrumen lain, bagaimana berinvestasi sekaligus membangun negeri, yakni menangani Covid-19 dan membangun perekonomian akibat pandemi,” jelasnya.

Untuk diketahui, ORI018 sendiri merupakan obligasi negara tanpa warkat. Sehingga dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun hanya antar investor domestik atau lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (SID). Masa penawaran ORI018 dimulai pada 1 Oktober 2020 dan ditutup 21 Oktober 2020 dengan masa jatuh tempo pada 15 Oktober 2023. Instrumen itu memiliki holding period selama satu periode pembayaran kupon.

Investor ritel dapat membeli ORI018 dengan nilai minimum sebesar Rp 1 juta, sementara maksimum Rp 3 miliar. Nantinya, investor akan mendapatkan dana pembayaran kupon dari pemerintah pada tanggal 15 setiap bulannya. Adapun berikut 26 mitra distribusi yang melayani pemesanan dan pembelian ORI018 secara online.

Bank Umum

1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)
4. PT Bank Permata Tbk
5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
6. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BNI)
7. PT Bank Maybank Indonesia Tbk
8. PT Bank CIMB Niaga Tbk
9. PT Bank OCBC NISP Tbk
10.PT Bank Panin Tbk
11.PT Bank DBS Indonesia
12.PT Bank HSBC Indonesia
13.PT Bank UOB Indonesia
14.PT Bank Commonwealth
15.PT Bank Danamon Indonesia Tbk
16.PT Bank Victoria International Tbk

Perusahaan Efek

1.PT Trimegah Sekuritas Tbk
2.PT Danareksa Sekuritas
3.PT Bahana Sekuritas
4.PT Mandiri Sekuritas

Perusahaan Efek Khusus

1.PT Bareksa Portal Investasi
2.PT Star Mercato Capitale (Tanamduit)
3.PT Nusantara Sejahtera Investama (Invisee)
4.Perusahaan Fintech Peer to Peer Lending
5.PT Investree Radhika Jaya (Investree)
5.PT Mitrausaha Indonesia Group (Modalku)
6.PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top