Pertanian

Nyoman Parta Dorong Festival Durian Ki Raja Jadi Wisata Agro Buleleng

Nyoman Parta Dorong Festival Durian Ki Raja Jadi Wisata Agro Buleleng
Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta menghadiri Festival Durian Ki Raja, di Kabupaten Buleleng/Foto: Dok Pribadi

BULELENG, SUARAINVESTOR.COM-Pulau Bali bukan sekedar menyajikan keindahan pariwisata budaya, alam, dan suasana pantai, namun juga menawarkan industri agrowisata lewat Festival Durian Buleleng 2023. Pasalnya, Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali sangat terkenal dengan durian Ki Raja. “Jadi ini makan durian langsung metik dari pohonnya dan buah durian ini sangat legit, manisnya sangat terasa di lidah,” kata Legislator asal Bali, Nyoman Parta yang hadir dalam Festival Durian Buleleng, Minggu (3/12/2023).

Lebih jauh Anggota Komisi VI DPR ini berharap agar Festival Durian Buleleng ini menjadi agenda tahunan Kabupaten Buleleng, sehingga seluruh masyarakat sekitarnya bisa berkumpul, bertemu, dan menggairahkan ekonomi. “Festival Durian Ki Raja, ini sudah beberapa kali digelar, namun perlu sentuhan inovatif yang lebih semangat lagi. Dengan cari ini maka menumbuhkan Agro Wisata Buleleng, saya mendorong perlu adanya kolaborasi dengan pihak terkait,” ujarnya.

Parta-sapaan akrabnya menceritakan bahwa keunikan dan keistimewaan Durian Ki Raja dari Buleleng adalah bijinya sangat kecil, boleh dikatakan tanpa biji. “Ini buah durian lokal desa Madenan, namanya Ki Raja hanya bisa dijumpai di Buleleng, Bali. Soalnya kualitas tentu tidak kalah dengan durian import, misalnya Musang King dari Malaysia dan Thailand,” ” terangnya.

Potensi pengembangan Agro Wisata cukup besar, lanjut Politisi PDIP, apalagi suasana alam desa Madenan sangat mendukung, sehingga pengembangbiakan pohon durian Ki Raja ini sangat tepat. “Kita mendorong pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata untuk bersinergi menaikkan Agro Wisata Buleleng menggerakkan roda ekonomi kreatif,” paparnya.

Diakui Parta, dirinya akan ikut mengembangbiakan durian Ki Raja di Kampung halamannya, Kabupaten Gianyar. Sehingga produk pertanian menjadi lebih terkenal ke seluruh Pulau Bali. “Saya sendiri mau membawa 10 bibit durian Ki Raja, untuk ditanam di Gianyar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengaku Festival Durian Ki Raja berhasil mendatangkan ratusan pengunjung. Data Dinas Pariwisata Buleleng ada ratusan pengunjung yang datang ke Festival Durian Ki Raja yang digelar di tengah hutan Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Menurut Gede Dody, antusias yang tinggi lantaran festival digelar di tempat yang tak biasa. “Festival ini memberikan pengalaman cita rasa kepada pengunjungnya di tempat yang tak biasa, yakni di tengah hutan. Berbeda dengan festival kuliner pada umumnya,” ujarnya, Minggu (3/12/2023).

Namun festival ini memberikan kesan pada pengunjung yang sangat luar biasa. Dengan begitu, pihaknya pun berencana menggelar kegiatan serupa di tahun depan.
“Panitia sepakat tahun depan akan menggelar festival yang sama di sekitar bulan Desember juga,” ucapnya lagi. Dikatakan Dody, kelompok petani durian Ki Raja telah lama ingin menggelar festival ini untuk mengenalkan lebih luas durian unggulan dari Desa Madenan.***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top