Nasional

Neng Eem FPKB DPR Minta Pemerintah Perhatikan Transportasi Publik

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menilai tingginya pemudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang menggunakan kendaraan pribadi. Itu harus menjadi perhatian bersama terkait daya tampung sarana dan prasarana jalan serta penyediaan transportasi publik.

“Perbaikan infrastruktur di berbagai sektor, khususnya saranan dan prasarana jalan, seperti pembangunan ruas-ruas jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa maupun Sumatera, ternyata mendorong masyarakat untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi,” tegas Neng Eem.

Hal itu disampaikan saat Rapat Kerja dengan Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Kepala BMKG, dan Kepala BNPP, dalam membahas evaluasi penanganan sarana dan prasaranan Natal 2019 dan Tahun baru 2020, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Data Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa sepanjang liburan Natal 2019, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi mencapai 48% dan sewa 2%. Pemudik yang menggunakan transportasi udara sebanyak 25%, kereta api 14%, dan kapal laut 1%.

Menurut Neng Eem, tingginya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan tol, khususnya yang menghubungkan Jakarta dengan daerah-daerah sekitarnya.

“Salah satunya kemacetan yang terjadi di jalan tol layang Japek (Jakarta-Cikampek, red) saat puncak mudik 2019 lalu yang berlangsung selama empat hari berturut-turut, mulai tanggal 21 hingga 24 Desember 2019 selama 2-3 jam,” kata Neng Eem.

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu fakta masih tingginya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Pertama, kapasitas dan daya tampung sarana dan prasaranan jalan, dan kedua, nasib transportasi publik seperti bus, kereta api, dan kapal laut.

Karena itu, Neng Eem mengingatkan agar perbaikan infrastuktur yang dilakukan pemerintah secara gencar, harus dibarengi dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. “Bukan hanya jarak dekat seperti Jabodetabek, tapi juga jarak jauh seperti di saat mudik Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top