Infrastruktur

Masih Tinggi, Tarif Tol Balsem Minta Dievaluasi

Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Besaran tarif tol Balikpapan-Samarinda dinilai masih tinggi bagi masyarakat Kalimatan Timur, sehingga cukup memberatkan pengguna jasa tol tersebut.Karena itu DPR minta pemerintah mengevaluasi tarif tol itu agar bisa terjangkau masyarakat. “Pak Menteri, mohon kebijakan agar mengevaluasi putusan terkait tarif Tol Balsam ini,” kata anggota Komisi V DPR RI Irwan Fercho dalam rapat kerja dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dikatakan Irwan, pihaknya hanya meneruskan aspirasi masyarakat Kaltim yang merupakan daerah pemilihannya tentang tarif tol ini.”Masyakarat di Kaltim sangat keberatan dengan penentuan tol yang per kilometer lebih dari Rp 1.000,” ujarnya.

Selain disampaikan lisan dalam rapat, Irwan juga menyampaikan lewat surat keberatan dirinya terkait tarif tol ini sesuai konstitusi kepada Menteri Basuki.”Izin Pak saya sampaikan surat keberatan dan juga lampiran dokumen surat aspirasi dari Forum Rakyat Kaltim Bersatu terkait tarif tol ini,” tambah Irwan.

Seperti diberitakan sebelumnya, besaran tarif Tol Balikpapan-Samarinda yang ditetapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono lebih besar dari usulan tarif sebelumnya.PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) yang mengusulkan tarif Rp 1.000 per kilometer.

Pada tiga seksi tol sepanjang 64,87 kilometer itu, tarif terjauh untuk kendaraan Golongan I dengan jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil dan bus adalah Rp 64.870. Namun tarif dalam SK Menteri justru Rp 75.500 yang jatuhnya Rp 1.179 per km. Sedangkan Golongan II dan Golongan III adalah Rp 1.935 per kilometernya. Untuk kendaraan Golongan IV dan Golongan V adalah Rp2.582 per kilometernya. Dalih pemerintah pusat penyesuaian tarif itu, masih menggunakan asumsi lalu lintas harian rata-rata (LHR) sekitar 11.000 kendaraan. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top