Infrastruktur

Kilang Minyak Pertamina Terbakar Lagi, Eddy Soeparno: Perlu Evaluasi Lebih Mendalam

Kilang Minyak Pertamina Terbakar Lagi, Eddy Soeparno: Perlu Evaluasi Lebih Mendalam
Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno Saat Memimpin Raker Dengan Menteri ESDM/Sumber Foto: Humas DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Lagi, kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) V, Balikpapan, Kalimantan Timur terbakar, Jumat (4/3/2022). Namun demikian, kejadian tersebut sudah berhasil dipadamkan. Berdasarkan catatan sudah beberapa kali terjadi kebakaran, Kilang Cilacap dan Balongan. Oleh karena itu, Komisi VII DPR menyoroti kinerja pengamanan kilang minyak. “Saya kira perlu evaluasi terhadap sistem pengamanan dan pemeliharaan kilang minyak,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Soeparno kepada suarainvestor.com di Jakarta, Jumat (4/03/2022).

Lebih jauh Eddy mempertanyakan sistem yang digunakan sekarang ini, terutama yang menjadi pegangan PT Pertamina, terkait sistem kedaruratan. “Jadi hal-hal ini harus kita dapatkan informasinya dari PT Pertamina, untuk kita lakukan kajian dan evaluasi ke depannya,” ujarnya.

Politisi PAN ini mengakui memang dalam kurun waktu satu tahun ini telah terjadi berkali-kali kebakaran kilang minyak Pertamina, baik itu di Kilang Cilacap, Kilang Balongan dan Kilang Balikpapan. “Makanya, Komisi VII DPR meminta dilakukan evaluasi. Masalahnya, kejadian kebakaran ini terjadi untuk kesekian kalinya. Jadi kita akan lakukan evaluasi lebih mendalam.”

Bahkan, Legislator dari Jawa Bara III ini mendesak Pertamina untuk segera melakukan audit terhadap masalah keamanan kilang minyak. “Pun begitu terkait audit masalah prosedur perawatan dan audit manajemen yang selama ini dilakukan Pertamina, terutama pengelolaan terhadap semua kilang yang ada. Jadi ini yang kita akan pertanyakan kepada Pertamina,” imbuhnya.

Sekedar catatan, daftar kebakaran kilang pada 2021:

1. Kebakaran Kilang Cilacap Kejadian terakhir terbakarnya kilang minyak milik Pertamina terjadi pada Sabtu, 13 November 2021, yaitu kebakaran di Refinery Unit (RU) IV Cilacap Tangki 36T-102 milik Pertamina, yang berisi komponen Pertalite sebanyak 31.000 kiloliter, di Lomanis, Cilacap Tengah.

2. Kebakaran Kilang Balongan Kebakaran pertama pada 2021 terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada Senin dini hari, 29 Maret 2021.

3.Kebakaran kilang Cilacap Sebelum ada insiden kebakaran pada 13 November 2021, kilang Pertamina di Cilacap juga sempat terbakar pada 11 Juni sebelumnya. Saat kejadian cuaca terjadi hujan deras disertai petir di lokasi.

Penulis   :   Iwan Damiri
Editor     :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top