Nasional

Kerjasama Unsa-Aplha, Beri Pelatihan Keterampulan Hukum

SOLO-Banyaknya kasus-kasus hukum yang makin pelik dan canggih seharusnya membuat para mahasiswa dan kalangan akademiki mampu merespon secara cepat. Karena itu, mahasiswa fakultas hukum harus terus meningkatkan kualitas keilmuannya. “Sehingga mahasiswa bisa lebih cepat beradaptasi termasuk  mengisi nutrisi ilmu hukum tema kekinian,” kata Dosen FH Universitas Bung Karno, Azmi Syahputa dalam
“Pelatihan Keterampilan Hukum” yang digelar di Kampus Palur Surakarta, Minggu (20/1/2019).

Kegiatan diskusi ini merupakan kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Surakarta dengan Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) serta  Polres Grobogan Jawa Tengah. Beberapa nara sumber yang hadir antara lain, YB Irfan, Hervina Puspitosari, Yovita Arie Mangesti, Azmi Syahputra.

Menurut Azmi, perubahan perilaku  yang begitu cepat dalam masyarakat mau tak mau membuat mahasiswa dan akademisi membuat terobosan hukum.  Sehingga sangat relevan kegiatan ilmiah yang dipadankan dengan soft skill pendidikan karakter hukum. “Makanya kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan keterampilan hukum bagi mahasiswa,”ujar Ketua Alpha.

Pelatihan selama 2 hari ini dikemas dengan praktik peradilan dan pembuatan dokumen-dokumen hukum pidana. Ditambah lagi, dokumen hukum perdata sebagai bekal mahasiswa termasuk pula membangun karakter hukum mahasiswa.

Sementara itu, Dekan Fakultas  Hukum Unsa, Bintara  menyatakaan bahwa kegiatan ini merupakan wujud atmosfir akademik yang akan terus dilaksanakan guna membantu dan memberikan bekal kepada mahasiswa.
Apalagi dengan kegiatan ini dapat mengumpulkan berbagai akademisi menjadi pertemuan ilmiah yang sangat bermanfaat bagi seluruh sivitas kampus dalam mendukung Tridarma Perguruan Tinggi. “Kegiatan ini sekaligus mengajarkan dan menelaah tujuan hukum  dan faktor-faktor penegakan hukum serta  pendidikan hukum adalah pendidikan kemanusiaan,”imbuhnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top