Investasi

Kemudahan Usaha, Jokowi Ingin Indonesia Di Peringkat 40

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar peringkat kemudahan berusaha Indonesia terus meningkat. Seperti peringkat kemudahan berusaha Indonesia 5 tahun lalu atau sebelum ia menjabat adalah 120. Ia berharap Indonesia di peringkat 40 dunia.

Namun, Indonesia bisa meloncat ke peringkat 72, meskipun turun tipis di 2019 menjadi peringkat 73. “Keinginan kita bersama, kita ingin agar ada sebuah kenaikan peringkat lagi dalam kemudahan berusaha di Indonesia yaitu di angka-angka 40, di peringkat 40-50 yang kita inginkan,” tegas Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Jokowi, solusi yang dikerjakan tidak boleh sepotong-sepotong. Ia menegaskan, Indonesia butuh sebuah reformasi struktural, deregulasi dan debirokratisasi. “Sehingga kemudian berusaha betul-betul bisa kita potong, kita sederhanakan,” ujarnya.

Jokowi minta para menteri mempelajari masalah-masalah yang ada secara detail. Ia meminta menteri untuk menemukan titik-titik yang menjadi penghambat dari kemudahan berusaha selama ini.

“Saya juga minta kepada Menko Perekonomian, Menko Maritim dan Investasi untuk mengawal langkah-langkah perbaikan reformasi di semua titik-titik tengah itu agar semuanya terdeliver dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, reformasi pelayanan perizinan yang cepat dan terintgrasi dari pusat sampai ke provinsi, kabupaten/kota harus sangat penting dalam meningkatkan peringkat kemudahan berusaha ini.

“Sehingga benar-benar kita bisa melihat, bisa mengontrol, bisa mengawasi proses-proses yang ada. Dimana berhentinya, dimana ruwetnya, bisa kita kontrol dan kita awasi,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top