Nasional

Ke Ponpes Gontor, KH. Ma’ruf Disuguhi Air Mineral Kemasan Produksi Santri

PONOROGO- Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor antara lain KH. Hasan Abdullah Sahal, KH. Syamsul Hadi Abdan serta KH. Amal Fathullah Zarkasyi menerima Cawapres nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin.

KH. Ma’ruf yang mendampingi Capres Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden Serentak 2019 melakukan silaturahmi ke Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Selasa (22/1/2019).

Tak ada pembicaraan serius apalagi terkait pilpres. Mereka hanya fokus bicara tentang perkembangan pondok pesantren dan santri.

Pembicaraan yang ringan dan sesekali sambil bercanda.

Kiai Ma’ruf mengatakan dengan akan disahkannya Undang-undang Pesantren akan semakin memperkuat lembaga pondok pesantren. Terkesan ponpes masih diluar sistem.

“Alhamdulillah ya. Sekarang ada pondok pesantren modern ada salafiah saling melengkapi,” ujar Kiai Ma’ruf.

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) ini kemudian disajikan jajanan, buah-buahan, es dawet dan air mineral produksi Pesantren Gontor.

“Saya sangat senang dengan pertemuan ini, enak. Ngobrolin pesantren karena habitatnya pesantren. Saya berterimakasih diterima dengan baik. Itu luar biasa. Semoga kita terus bisa bersilaturahmi,” tutup Kiai Ma’ruf.

“Air ini produksi Gontor sendiri ya,” tanya Kiai Ma’ruf seusai minum.

Pimpinan Gontor KH. Hasan Abdullah mengiyakan. Kiai Hasan menjawab benar air kemasan Gontor itu memang produksi Gontor yang sudah melalui mekanisme uji kelayakan dan dikonsumsi santri Gontor juga.

KH. Hasan bercerita bahwa sekarang banyak alumni Gontor yang membuka pondok.

“Banyak santri alumni Gontor yang tertarik merintis sendiri mengajar dan membuka pondok. Alhamdulillah,” kata Kiai Hasan.

Menurutnya kita harus bersyukur ada ponpes. Khususnya untuk zaman sekarang yang dibekali pendidikan pondok pesantren hidupnya lebih terarah.

Kiai Hasan pun menyerahkan sebuah plakad sebagai cinderamata kepada Kiai Maruf dan diakhiri foto bersama.(dian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top