Industri & Perdagangan

Kapal Solar Boat Made In RMT Undip Siap Berkompetisi di Monaco

Kapal Solar Boat Made In RMT Undip Siap Berkompetisi di Monaco
Peluncuran Solar Boat DIPONEGORO 1.0 berlangsung Rabu, 21 Desember 2022/Foto: Dok Humas Undip

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Research of Marine Technology Diponegoro University (RMT Undip) telah berhasil membuat sebuah kapal bertenaga surya yang diberi nama DIPONEGORO 1.0.

Kapal ini mempunyai keunikan tersendiri karena lambung kapal menggunakan multi aksial (kerangka kapal) dan potongan masker yang merupakan limbah selama pandemi Covid-19.

Kapal ini menggunakan penyimpanan energi Lithium-Ion yang lebih efisien daripada AKI. Motor listrik menjadi penggerak utama kapal sehingga efisiensi energinya lebih tinggi dan ramah lingkungan.

Kapal bertenaga surya ini direncanakan menjadi riset unggulan di Universitas Diponegoro (Undip).

Rencananya, kapal ini juga akan diikutsertakan dalam kompetisi Internasional Monaco Energy Boat Challenge pada Juli 2023.

“Kapal ini dirancang dan dianalisis dengan standar kompetisi Internasional Monaco Energy Boat Challenge,” kata Rico Ade Putra selaku Ketua RMT Undip, dikutip dari laman Humas Undip, Sabtu 24 Desember 2022. Peluncuran Solar Boat DIPONEGORO 1.0, sendiri sudah berlangsung Rabu, 21 Desember 2022.

Ia mengungkapkan proses pembuatan kapal dimulai sejak Februari 2022. “Kemudian dengan bantuan pihak kampus pada bulan Juni 2022, kami sudah mulai masuk proses produksi,” kata Rico.

Ia menyatakan Solar Boat DIPONEGORO 1.0 ini dibuat khusus untuk untuk kompetisi. “Ketika kita bisa terapkan kelistrikan di kapal maka nantinya bisa menjadi percontohan untuk industri yang lebih besar lagi.” jelas Rico.

Rico menambahkan karya inovatif Solar Boat DIPONEGORO 1.0 tercipta karena dukungan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak. “Terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, seperti dari Kampus Undip, pihak sponsor dan industri, serta pembina kami yang memberikan masukan dan kemudahan sehingga Solar Boat DIPONEGORO 1.0 bisa di launching,” ujarnya..

Sebelumnya, RMT Undip yang telah berjalan selama empat periode. Undip sudah berhasil menciptakan karya inovatif “WIRATAMA 1” dan “WIRATAMA 2”.

Pada tahun 2019, RMT Undip telah mengikuti perlombaan Solar Sport One di Purmerend Belanda dan berhasil meraih peringkat ke-5 dalam kategori Sprint Race.***

Penulis : A Rohman
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top