Market

IKA Ikopin Harus Jadi Pendorong Kinerja Ekonomi Nasional

IKA Ikopin Harus Jadi Pendorong Kinerja Ekonomi Nasional
Muhammad Taufik (kiri), Burhanudin Abdullah ,(tengah,) dan Entis Sutisna (Kanan) sebelum pelaksanaan MoU IKA Ikopin dan Ikopin/Foto: Istimewa

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pengalaman para alumni dapat menjadi sumber informasi dan masukan buat almamater dalam meningkatkan kurikulum pendidikan. “Antara IKA Ikopin dan Ikopin harus ada sinergi yang baik untuk menentukan almamater kedepan. Apalagi Ikopin sebentar lagi akan jadi universitas,” kata Rektor Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) DR. Ir. Burhanudin Abdullah usai melantik jajaran pengurus Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni (DPP IKA) Ikopin untuk masa bakti 2021-2025 yang dipimpin Entis Sutisna, di Kampus Ikopin, Jatinangor, disiarkan melalui virtual, Selasa (21/12/2021).

Tidak kurang 60 alumni atau 70 persen jajaran pengurus DPP IKA Ikopin hadir dalam pelantikan itu. Dalam pelantikan itu juga disaksikan oleh para mahasiswa, dosen, rektorat, dan Ketua Yayasan Pendidikan Koperasi DR. Ir. Muhammad Taufik.
“Keberadaan Ika Ikopin amat penting bagi Ikopin sebagai institusi pendidikan. Alumni turut ikut membantu menentukan akreditasi Ikopin,” ujarnya lagi.

Apalagi, lanjut mantan Gubenur Bank Indonesia (BI) ke depan, seiring meningkatnya perekonomian nasional Ikopin bersama IKA Ikopin harus menjadi pendorong untuk memperbaiki kinerja ekonomi. “Yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan,” terangnya.

Hal senada dikemukakan DR. Ir. Muhammad Taufik. Interaksi alumni dan Ikopin amat penting. Pada 7 Mei 2022 Ikopin berusia 40 tahun, tidak saja berubah menjadi universitas tapi juga berubah dalam hal prodi pendidikan. Akan ditambah jurusan baru, yakni Food Technologi, Agribussines dan Data Science. “Perubahan yang kita lakukan harus nantinya berorientasi pada pengembangan sistem ekonomi kekeluargaan seperti yang diamanatkan dalam UUD.”

Sementara Ketua umum DPP Ikopin, Entis Sutisna, berkomitmen akan membangun sinergi DPP IKA Ikopin dengan Ikopin, Yayasan Pendidikan Koperasi juga dengan pemerintah, masyarakat dan gerakan koperasi. “Kami ingin membangun kejayaan Ikopin dan koperasi bersama-sama,” tegasnya.

Sebagai langkah awal DPP IKA Ikopin dibawah kepemimpinan Entis Sutisna, dalam waktu dekat akan menggelar pentas seni, olah raga dan pameran koperasi selama satu minggu di kampus Ikopin. Lewat pentas ini alumni beserta keluarga, civisitas akademik dan masyarakat bisa berbaur dan berinteraksi. Hal ini sebagai langkah awal IKA Ikopin berkiprah. ***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top