Perbankan

Hadapi Ramadhan-Lebaran, BNI Pasok Uang Tunai Rp17,81 Triliun/Minggu

Hadapi Ramadhan-Lebaran, BNI Pasok Uang Tunai Rp17,81 Triliun/Minggu
Pasokan Uang Tunai Disiapkan Menjelang Lebaran/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Meningkatnya konsumsi dan mobilitas masyarakat beriringan dengan melonjaknya kebutuhan uang tunai pada periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Oleh karena itu, Bank BUMN mengantisipasi kebutuhan uang tunai tersebut agar masyarakat tak kekurangan. PT Bank Negara Indonesia atau BNI (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai rata-rata Rp 17,81 triliun per minggu, pada periode Ramadhan dan Libur Lebaran tahun ini. “Dana tersebut naik 12,87 persen dari periode sama tahun lalu,” kata Sekretaris Perusahaan BNI, Mucharom di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Pasokan dana tersebut telah mempertimbangkan adanya penambahan cuti bersama, yang pada akhirnya meningkatkan kebutuhan uang tunai. “Kami juga akan mengantisipasi penarikan dari para penerima manfaat program-program bantuan tunai dari pemerintah yang tentunya akan meningkatkan kebutuhan uang tunai,” ujar Mocharom lagi.

Lebih jauh Mocharom menjelaskan bahwa perseroan saat ini mempersiapkan lokasi-lokasi penarikan uang tunai bagi masyarakat, yaitu di BNI ATM, mesin ATM Setor Tarik Tunai (Cash Recycle Machine/CRM), dan cabang. “Penarikan uang tunai di BNI menjadi lebih mudah karena banyaknya variasi fasilitas penarikannya,” terangnya.

Selain melayani penarikan uang tunai, Mucharom menambah, BNI juga memastikan dan mempersiapkan backend solusi layanan pada kanal-kanal digitalnya. Pasalnya, kebutuhan transaksi digital juga diproyeksikan menguat pada tahun ini.

Oleh karena itu, selain melalui kanal digital seperti ATM dan CRM, BNI juga mempersiapkan ketangguhan layanan untuk transaksi digital pada BNI Mobile Banking. “Selain menyajikan layanan seperti QRIS, transfer uang tunai, juga patut dicoba layanan tarik tunai tanpa kartu yang dapat diperoleh setelah berkonsultasi dengan customer service BNI terlebih dahulu,” pungkasnya. ***

Penulis   :   Iwan Damiri
Editor     :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top