Nasional

Hadapi KKB Papua, MPR Dukung Pemerintah Gunakan Strategi Soft Approach

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Untuk terus mengantisipasi perkembangan serangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Tembagapura, Mimika, Papua, MPR RI mendukung pemerintah menggunakan strategi soft approach, pendekatan kemanusiaan dengan mengurangi kesenjangan ekonomi yang terjadi di Papua dan berkomitmen membangun kesejahteraan Papua.

“MPR sepakat jika pemerintah melakukan pendekatan kesejahteraan yang diharapkan bisa mengurangi adanya ketidakpuasan sekelompok masyarakat di Papua,” tegas Bamsoet, Jumat (13/3/2020).

Menurut Waketum Golkar itu, MPR sepakat dengan solusi yang tepat dari pemerintah untuk dapat mengurangi kesenjangan ketidakpuasan di Papua. Seperti melakukan pembangunan fisik, insfrastruktur, pembangunan pendidikan, serta pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya.

“Tapi, jika pemerintah menggunakan strategi soft approach dalam penanganan konflik di Papua, pemerintah bersama aparat keamanan dapat meredam aksi kekerasan yang dilakukan KKSB tersebut, mengingat dengan komunikasi, dialog bersama tokoh-tokoh yang disegani akan berhasil meredam KKSB melakukan serangan,” ujarnya.

Namun demikian kata Bamsoet, MPR RI mengingatkan pemerintah untuk terus berkomitmen dalam membangun keutuhan wilayah NKRI, khususnya di wilayah Papua. “Pemerintah harus komitmen menjaga keutuhan NKRI dengan pembangunan ekonomi,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top