Nasional

GP Ansor – Asshiddiqiyah Tegaskan Boleh Memilih Pemimpin Non Muslim

JAKARTA – GP Ansor menyatakan setiap warga negara bebas menentukan pilihan politiknya dalam memilih pemimpin tanpa latar belakang agama yang dianutnya. Pernyataan ini berdasarkan hasil Bahtsul Masail Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang diselenggarakan pada 11-12 Maret 2017 di Aula Iqbal Assegaf PP GP Ansor, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Hasilnya disampaikan dalam keterangan pers yang dihadiri oleh Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, KH Abdul Ghofur Maimun Zubair (musohhih atau perumus), Dansatkornas Banser Alfa Isnaeni, dan salah satu ketua GP Ansor Saleh Ramli.

“Terpilihnya non-Muslim di dalam kontestasi politik, berdasarkan konstitusi, adalah sah. Dengan demikian, keterpilihannya untuk mengemban amanah kenegaraan adalah juga sah dan mengikat, baik secara konstitusi maupun secara agama,” kata KH Najib Bukhori, dalam keterangannya pada wartawan di Jakarta, Senin (13/3/2017).

Hasil Bahtsul Masail ini akan disosialisasikan ke seluruh Indonesia. Najib berharap hal ini bisa meredakan ketegangan dalam kontestasi politik yang terjadi di Tanah Air karena hal tersebut bisa memecah-belah persatuan bangsa.

Sementara itu, Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyoroti fenomena spanduk penolakan pengurusan jenazah. Ia menilai intoleransi semakin tampak telihat. Penolakan ini dituliskan pada spanduk bahwa masjid menolak mengurus jenazah pendukung atau pembela calon pemimpin non-Muslim.

KH Abdul Ghofur Maemun Zubair, pada kesempatan yang sama, menyatakan setiap jenazah Muslim wajib dishalatkan. GP Ansor siap menerima jenazah yang mendapat penolakan.

Sebelumnya pada ‘Ngaji Kebangaan’ yang dipimpin oleh KH. Noer Muhammad Iskandar SQ di Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta Barat juga menyatakan hal yang jika memilih pemimpin non muslim itu boleh. “Boleh saja memilih non muslim sebagai menejemen dan administrator perusahaan. Ngurusi Jakarta ini kan dibutuhkan orang yang memahami menejemen pemerintahan dan Ahok adalah cocok dan terbukti sukses membangun Jakarta,” jelas Ketua Mejelis Syuro DPP PPP Djan Farid itu singkat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top