Ragam

Gelar PKKMB Offline , ITB Swadharma Bekali Mahasiswa Wawasan Kebangsaaan Melalui Profesi Digital

Gelar PKKMB Offline , ITB Swadharma Bekali Mahasiswa Wawasan Kebangsaaan Melalui Profesi Digital
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023 baru saja digelar Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma (ITB Swadarma) Jakarta, secara offline, yakni pada Sabtu (17/9/2022)/Foto: Dok Pribadi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023 baru saja digelar Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma (ITB Swadarma) Jakarta, secara offline, yakni pada Sabtu (17/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022). ITB Swadharma adalah perguruan tinggi yang merupakan penggabungan antara Politeknik Swadharma dan STMIK Swadharma. Kegiatan PKKMB ini tentu saja mampu membawa aura kebahagiaan dan mampu mengobati rasa kerinduan akan kebersamaan lewat aktivitas yang bermakna bagi mahasiswa maupun segenap civitas akademika ITB Swadharma.

Acara PKKMB yang diselenggarakan di Kampus 1 Jl Malaka no 3 Jakarta Barat ini diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Teknologi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Berbagai materi diberikan pada pelaksanaan PKKMB kali ini. Mulai dari sistem perkuliahan hingga pengenalan kampus seperti demo UKM, Hima dan berbagai games untuk melatih leadership, kekompakan dan tanggung jawab.

Pelaksanaan kegiatan PKKMB tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor ITB Swadharma, Nur Sucahyo S.Si., MM, yang didampingi Tedi Rochendi SE., MM selaku Wakil Rektor 1, V Kun Marjonohadi S.Sos., MM selaku Wakil Rektor 2, Lela Nurlaela ST., M. Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi serta Ahmad Fitriansyah M.Kom selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain diikuti oleh mahasiswa, acara pembukaan PKKMB ini, juga dihadiri sekitar 50 dosen ITB Swadharma dari Fakultas Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Gelar PKKMB Offline , ITB Swadharma Bekali Mahasiswa Wawasan Kebangsaaan Melalui Profesi Digital

Pada pembukaan PKKMB kali ini, Rektor ITB Swadharma memberikan sambutannya bahwa mahasiswa dapat mengikuti program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) melalui skema skema yang disediakan oleh Kementerian. Mahasiswa ITB Swadharma banyak telah mengikuti terutama skema magang, studi independen dan Program Pertukaran Pelajar. “Saat ini ada 40 mahasiswa ITB Swadharma sedang mengikuti Program Pertukaran Pelajar kampus Merdeka Bela Negara (PPKM-BN) yang diinisiasi oleh Lembaga Layanan DIKTI Wilayah 3 Jakarta dan Kementerian Pertahanan yang diikuti oleh hampir 6000 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Wilayah 3 Jakarta dan Sumatra. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memperluas wawasan tentang kebangsaaan melalui profesi digital. Selain itu saya berharap agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu,” ungkap Rektor ITB Swadharma.

Umumnya kegiatan PKKMB hanya diberikan materi tentang akademik dan kemahasiswaan, tetapi dalam pelaksanaan PKKMB kali ini ITB Swadharma juga mengundang 2 pembicara untuk membagikan ilmunya yakni Eggan Nachson selaku ketua BEM sekaligus CEO di pusatahli.com dan Ike Kurniati M. Kom, selaku dosen ITB Swadharma sekaligus data scientist di data academy.

Dalam seminarnya tersebut, Eggan Nachson menyampaikan wawasannya tentang Perkembangan Start Up di Dunia Edukasi dan Industri Kreatif, sedangkan Ike Kurniati menyampaikan wawasannya tentang Membangun Analitical Thinking untuk Masa Depan. Pada hari kedua PKKMB berlangsung, mahasiswa diperkenalkan lebih detail tentang kampus ITB Swadharma serta bagaimana proses sistem pembelajaran, proses administrasi yang ada di Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma.

Dekan Fakultas Teknologi, Lela Nurlaela ST., M.Kom memberikan penjelasan bagaimana pola pembelajaran di Perguruan Tinggi yang berbeda pola dengan Sekolah Menengah Atas serta memberikan tips kepada mahasiswa agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi yang cukup bagus. Bahkan informasi terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga disampaikan sebagai bentuk sosialisasi agar mahasiswa memiliki tambahan wawasan dan kemampuan tambahan di luar Prodi. “Untuk itu saya mendorong mahasiswa agar aktif di kampus mengikuti kegiatan-kegiatan yg diselenggarakan oleh BEM maupun Program Studinya,” jelas Ahmad Fitriansyah M.Kom selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Di sesi penutupan, Adi Sopian M.Kom, selaku ketua PKKMB tahun 2022 ini berharap agar selama 2 hari acara PKKMB tersebut berlangsung, mahasiswa dapat menambah cakrawala untuk meningkatkan ilmu penngetahuan dan semua materi yang diberikan bisa menjadi pedoman selama perkuliahan berlangsung.

Sementara itu, Akbar Fichriansyah, salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Teknologi pun mengungkapkan bahwa acara PKKMB berlangsung sangat edukatif dan menghibur. “Kakak mentornya juga humble dan tidak galak. Acaranya sangat meriah dan seru, mulai dari pengenalan belajar dikampus ITB Swadharma lalu ada sesi gamesnya. Jadi, kesan saya sangat menghibur dan edukatif dan pastinya tidak membosankan,” beber Akbar.

Selain itu, kata Akbar lagi, dengan selesainya ospek pada 2 hari ini bukan berarti telah menyelesaikan segalanya. Silaturahmi mari tetap kita jaga dan kita kuatkan. Motivasi mari terus kita lahirkan dan tumbuhkan. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Dan semoga sukses semuanya untuk mahasiswa dan mahasiswi ITB SWADHARMA. Good luck for u guys,” ujarnya.

Sedangkan Riska Dwi Arianty, mahasiswi baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyampaikan bahwa dengan adanya PKKMB tersebut bisa menjadikan mahasiswa ITB Swadharma menjadi orang yang lebih mandiri, disiplin, bertanggung jawab dan menajdi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, serta selalu kompak dalam segala situasi yang membawa ke arah kebaikan. ”Kegiatan PKKMB ini merupakan kegiatan perdana bagi seorang mahasiswa baru. Selama 2 hari PKKMB berlangsung, banyak hal-hal baru yang sudah saya ketahui terutama tentang ITB Swadharma,” ujar Riska.***

Penulis  : A Rohman
Editor    : Chandra

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top