Nasional

DPR Tegaskan RUU Kejaksaan Harus Selesai 2021

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR menargetkan pembahasan RUU Kejaksaan harus selesai pada 2021. Artinya tidak boleh ada yang gagal. Karena itu, Baleg DPR diminta jangan membuat target terlalu banyak membuat RUU.

“Karena kalau gagal akan menjadi beban parlemen, sebab kinerja parlemen sekarang ini disorot masyarakat,” kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin dalam diskusi “RUU Kejaksaan, Komitmen DPR Perkuat Kinerja Korp Adhyaksa” bersama Anggota Komisi III DPR, Hinca Panjaitan dan Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Oleh karena itu, Azis mengamcam akan memangkas jumlah RUU yang masuk dalam Prolegnas 2022, jika ternyata target penyelesaian UU meleset dari target. “Kita akan kasih hanya satu RUU untuk setiap AKD, ya makanya jangan nafsu besar tapi tenaga kurang. Jadi, bagaimanapun caranya harus bisa selesai RUU Kejaksaan ini pada 2021. Apalagi dalam rapat Bamus sudah kita sepakati,” terangnya.

Namun begitu, kata Azis, tentu DPR akan menyelidiki, kenapa sampai tak mencapai target produksi UU. “Bisa saja, karena parlemennya atau pemerintahnya. Misalnya Surpresnya tidak turun, atau tidak disetujui dalam Paripurna tingkat satu dan dua. Karena memang banyak faktornya,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan menegaskan pihaknya siap untuk melanjutkan pembahasan. Karena saat ini hanya tinggal menunggu Surpresnya saja. “Kita ingin melakukan penguatan pada semua lembaga-lembaga penegak hukum yang ada, khusus mengenai kejaksaan jadi lembaga satu-satunya penuntut atas nama negara, sudah waktunya untuk diperkuat,” ujarnya.

Lebih jauh Hinca mengungkapkan salah satu isu yang paling seksi adalah siapa yang berhak mengangkat Jaksa Agung. Karena harus ada mandat juga dari rakyat.

Namun demikian, Hinca mengaku model Jaksa Agung di Indonesia bukan dipilih rakyat, tapi ditunjuk oleh presiden. “Itu praktek yang terjadi selama ini, karena itu perdebatan itu muncul.¬†Tentu nanti banyak masukan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top