Infrastruktur

Ditjen Hubdat Gelar Puncak Acara Pekan Keselamatan Jalan 2021 Di Provinsi Sulawesi Utara

Puncak Acara dan Penutupan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021, pada Sabtu (23/10/2021).foto: istimewa.

MANADO, SUARAINVESTOR.COM – Sebagai tindak lanjut dari UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dan PP 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas serta meningkatkan peran serta seluruh pengguna jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara menggelar Puncak Acara dan Penutupan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021, pada Sabtu (23/10/2021).

“Acara PKJ ini dilaksanakan agar dapat tercipta suatu komunikasi antar seluruh stakeholder baik pemerintah maupun influencer untuk menyatukan persepsi dan pemahaman arti pentingnya Keselamatan Jalan,” ujar Direktur Sarana Transportasi Jalan, Risal Wasal dalam sambutannya di Ballroom Hotel Four Points Manado.

Risal mengajak agar semua pihak dapat saling bersinergi untuk menyebarkan virus-virus keselamatan untuk membangun lalu lintas yang tertib, aman, dan berkeselamatan.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Renhard Ronald mengatakan, “Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama membantu dalam mengedukasi dan menyosialisasikan untuk menyuarakan aksi keselamatan jalan khususnya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara”.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan kegiatan Ketua Panitia PKJ Tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Utara, Andy Parulian melaporkan bahwa rangkaian kegiatan PKJ ini telah dimulai sejak bulan September 2021 yang bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021 diantaranya yakni:

1. Lomba Mural yang bertemakan “Stop ODOL Untuk Keselamatan Trans Jalan pada 9 – 15 September 2021 di UPPKB Wangurer;

2. Lomba Video Durasi Pendek yang bertemakan “Mari Jo Torang Jadi Pelopor Keselamatan Jalan” pada 11 – 20 September 2021;

3. Semiloka Penguji Kendaraan Bermotor se-Provinsi Sulawesi Utara pada 18 – 19 September 2021 di Hotel Villa Emitta, Tomohon;

4. Sosialisasi ODOL bagi pengemudi Truk pada 21 – 23 September 2021 di UPPKB Wangurer dan UPPKB Inobonto;

5. Webinar Keselamatan Jalan bagi Pelajar dan Mahasiswa dengan tema “Teman Sejati” pada 9 Oktober 2021 di Terminal Tipe A Tangkoko dan;

6. Semiloka Perizinan Angkutan Umum dan Sistem Manajemen Keselamatan bagi operator angkutan umum pada 22 Oktober 2022 di Hotel Four Points Manado.

Andy menambahkan, “Dengan terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan tersebut, maka tibalah pada acara puncak. Di mana seluruh pengguna jalan dari berbagai lapisan masyarakat berkumpul untuk berbincang santai atau kalau orang Manado bilang Bacarita”.

Selain itu juga dengan menumbuhkan dan membangun kesadaran pengguna jalan di Provinsi Sulawesi Utara melalui acara ini diharapkan nantinya dapat tercipta suatu kondisi Tetap Aman, Selamat di Jalan dan Hati-hati (TEMAN SEJATI).

Turut hadir Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulawesi Utara, Kompol Roy Tambayong, para Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara, dan para tamu undangan pemenang lomba Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Arpaso

Editor: Kamsari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top