Industri & Perdagangan

Cari Dana Segar, Produsen Ban KingLand Bidik Dana IPO Rp96,6 Miliar

Cari Dana Segar, Produsen Ban KingLand Bidik Dana IPO Rp96,6 Miliar
Produsen Ban/Sumber Foto: Dok PT.King Tire Indonesia Tbk (KingLand)

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Produsen ban luar dan ban dalam, PT King Tire Indonesia Tbk (KingLand) berencana melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) dengan target emisi maksimal Rp96,6 miliar. Adapun hasil IPO, dananya akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja.

Demikian berdasarkan Prospektus Awal terkait rencana IPO KingLand yang diterbitkan di Jakarta, Kamis (6/4/2023). Perusahaan yang memiliki pabrik di Serang, Banten ini akan melepas saham ke publik sebanyak-banyaknya 700 juta lembar bernilai nominal Rp50 per saham atau setara dengan 20,13 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO.

Calon emiten yang telah memiliki ticker TYRE ini membanderol harga Penawaran Awal (book building) saham sekitar Rp108-Rp138 per lembar. Sehingga melalui aksi korporasi ini perseroan bisa meraup dana masyarakat berkisar Rp75,6 miliar sampai Rp96,6 miliar. Bersamaan dengan pelaksanaan IPO, TYRE akan menerbitkan maksimal 350 juta Waran Seri I atau setara 12,6 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran IPO.

Setiap dua saham baru hasil IPO melekat satu waran, sedangkan setiap satu waran bisa ditukar dengan satu saham seharga Rp150 per lembar. Rencananya, seluruh dana hasil IPO maupun dana penerbitan Waran Seri I —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan digunakan sebagai modal kerja perseroan, antara lain untuk pembelian bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.***

Penulis : Chandra
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top