Pertanian

BPS: Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik 7,12 Persen

BPS: Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik 7,12 Persen
ilustrasi para petani sedang menanam padi/Foto: Anjasmara

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM-Jumlah masyarakat miskin pada Kabupaten Tangeran bertambah sekitar 272 ribu orang atau sekitar 7,12 persen dari total jumlah penduduk yang ada. Adapun peningkatan angka kemiskinan tersebut merupakan hasil sensus pada Maret 2021. “BPS mencatat kenaikan di tahun ini mencapai 7,12 persen warga Kabupaten Tangerang berada di bawah rata-rata alias miskin,” kata Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang, Husin Maulana, Selasa, (6/9/2022).

Lebih jauh Husin menjelaskan bahwa peningkatan angka kemiskinan tersebut dilihat dari penghasilan masyarakat yang rendah dengan pendapatan perkapita senilai Rp545 ribu. “Masyarakat itu dikategorikan sebagai warga miskin,” ujarnya.

Seperti contoh, kata Husin lagi, jika dalam satu keluarga terdapat empat orang, dan yang bekerja hanya satu orang saja dengan penghasilan sekitar Rp2 juta per bulan, maka itu dapat dikategorikan sebagai keluarga miskin. Karena bila dihitung per kapita berada di bawah rata-rata. “Hasil sensus kami, rata-rata pendapatan perkapita yang berada di bawah rata-rata yakni Rp545 ribu tersebut mencapai 272 ribuan,” katanya.

Ia menyebutkan, dari total jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang mencapai 3,1 juta jiwa tersebut, tentu saja ada perbedaan dengan jumlah catatan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang dengan perbedaan sekitar 10 ribuan.

Selain itu, bila dibandingkan dengan daerah lain di Banten, secara prosentase Pandeglang dan Lebak yang menempati posisi tertinggi warga termiskin. Namun, secara jumlah penduduk Kabupaten Tangerang masih tetap tertinggi. “Pandeglang itu secara prosentase memang tertinggi yakni 10,72 persen, tapi karena penduduknya hanya 1 jutaan, maka secara jumlah Pandeglang lebih sedikit. Demikian juga dengan Kabupaten Lebak,” pungkasnya.***

Penulis : A Rohman
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top