Investasi

Aturan Larangan Ekspor EBT Diumumkan Akhir Juli 2022

Aturan Larangan Ekspor EBT Diumumkan Akhir Juli 2022

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Pemerintah segera mengumumkan aturan atau regulasi terkait dengan larangan ekspor energi baru terbarukan atau EBT. Apalagi saat ini regulasi atau aturan terkait dengan kebijakan larangan ekspor EBT tengah dibahas secara intens.
“Sudah mulai bahas sekarang, nanti akhir bulan (Juli 2022) saya umumkan,” kata Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia  di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Sebelumnya, pemerintah berencana menetapkan aturan atau regulasi terkait dengan larangan ekspor EBT karena saat ini Indonesia tengah dalam pengembangan industri EBT untuk mendorong keberlangsungan di berbagai sektor.

Bahlil menilai, untuk mendorong suksesnya pengembangan EBT di tanah air, maka pemerintah perlu menjamin ketersediaan EBT yang cukup. “Jadi gini, kalau bicara pelarangan ekspor EBT, itu sebuah keharusan untuk memenuhi stok dalam negeri dulu,” ungkap Bahlil.

Di sisi lain, Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) yang melimpah juga dinilai merupakan keunggulan yang akan menarik minat investasi asing.
Oleh karenanya, Bahlil menilai tidak menutup kemungkinan, Indonesia akan menjadi salah satu negara tujuan investasi asing, khususnya di sektor pengembangan EBT. ***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top