Perbankan

Agar Jera, Legislator PKB Minta Polri Tangkapi Investor Pinjol Illegal

Agar Jera, Legislator PKB Minta Polri Tangkapi Investor Pinjol Illegal
N M Dipo Nusantara, Anggota Komisi III DPR FKB/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi III DPR RI, N M Dipo Nusantara Pua Upa mendukung langkah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberantas layanan Pinjaman online (Pinjol) Illegal. Bahkan sampai Presiden Jokowipun turun tangan dan memberikan perhatian khusus terkait perilaku pinjol illegal yang sudah meresahkan masyarakat.

“Operasi pemberantasan Pinjol illegal ini harus terus dilakukan, jangan sampai kendor. Kita beri apresiasi,” katanya kepada suarainvestor.com melalui pesan WhatApp (WA) di Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Legislator dari Dapil NTT 1 ini mendorong tiga lembaga yang terkait penanganan Pinjol Ilegal segera membentuk kerjasama aktif guna efektifitas tindakan. “Kominfo, Kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus tuntas menyelesaikan kasus-kasus Pinjol illegal,” ujarnya.

Menurut Dipo, para rentenir digital ini lebih sadis daripada rentenir tradisional yang dikenal selama ini. Bahkan masyarakat mengaku terjerat bunga Pinjol illegal yang tidak masuk akal dan jauh melewati batas-batas kewajaran.

Politisi PKB ini mengakui bahwa perkembangan fintech yang marak justru disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan malakukan aksi penipuan seperti membuat pinjaman online ilegal.

Untuk itu, pihak kepolisian harus segera mengungkap dan menangkap para investor pinjaman online ilegal yang kerap melakukan aksi teror kepada para kreditur.

“Akibat Pinjaman online ilegal banyak jatuh korban, ada yang bunuh diri karena merasa tertekan. Pelanggaran hukum seperti pencurian data pribadi oleh pihak pinjaman online ilegal menjadi salah satu bukti kuat bagi kepolisian untuk menjerat dan menutup usaha pinjaman online ilegal,” ujarnya.

Lebih lanjut Dipo mendorong OJK dapat lebih maksimal dalam melakukan fungsi pengawasan, sigap melakukan koordinasi dan komunikasi kepada pihak kepolisian untuk melakukan kerja nyata dalam memberantas pinjaman online ilegal di indonesia. ***

Penulis.  : Arpaso

Editor.    :  Chandra

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top