Industri & Perdagangan

Warga Madina Terpapar Bau Busuk Diduga Dari Sumur PT SMGP? Darmadi: Perlu Audit Investigatif

Warga Madina Terpapar Bau Busuk Diduga Dari Sumur PT SMGP? Darmadi: Perlu Audit Investigatif
Anggota Komisi VI DPR, Darmadi Durianto/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sejumlah warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (16/9/2022) malam mengalami muntah dan pingsan. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit. Mereka diduga terpapar aroma busuk yang diduga keluar dari salah satu sumur di lokasi proyek. Peristiwa tersebut terjadi diduga karena adanya ketidakpatuhan dari perusahaan yang kurang peduli terhadap standar operasional prosedur. “Ternyata kejadian musibah yang serupa, yaitu SOP yang tidak dipatuhi dalam proses drilling, terulang kembali,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto di Jakarta, Kamis (22/09/2022).

Padahal, kata Anggota Fraksi PDIP, pemerintah selaku regulator sudah sangat flexible dalam menerapkan aturan bagi para investor termasuk investor yang berinvestasi di sektor energi. Hanya saja, dalam tataran implementasinya para investor kerap kali abai bahkan tidak mempedulikan aturan yang sudah ada. “Kemudahan-kemudahan yang sudah diberikan oleh Pemerintah kepada investor untuk melakukan investasi di Indonesia sering disalahgunakan dengan tidak hati-hatinya investor asing yang bersangkutan dalam melakukan proses pengoperasian di lapangan,” terang Bendahara Megawati Institute itu.

Bahkan, Darmadi kembali mengungkapkan, pembinaan dan pengawasan yang sudah diberikan sering berulang-ulang dilanggar. “Untuk itu perlu dipanggil kembali manajemen perusahaan tersebut oleh Direktorat Jendral terkait, untuk diklarifikasi, Kenapa musibah terus berlanjut di tempat yang sama,” papar Legislator yang concern terhadap kepentingan wong cilik ini.

Tak hanya itu, Darmadi juga mendesak agar otoritas terkait melakukan audit terkait kinerja operasional perusahaan tersebut. “Pemerintah dalam hal ini kementerian terkait dan atau otoritas terkait lainnya perlu melakukan audit investigatif terhadap perusahaan tersebut. Audit diperlukan agar celah pelanggaran dan ketidakpatuhan akan regulasi bisa di deteksi sejak dini. Ini penting agar para investor tidak membandel dengan aturan yang ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, Head of Corporate Communications PT SMGP, Yani Siskartika mengatakan saat itu pihaknya memang melakukan logging test di sumur T-11 (Wellpad Tanggo), untuk mengukur tekanan dan temperatur di sumur. “Kondisi sumur tertutup, dan tidak ada aliran fluid sama sekali yang keluar dari sumur sepanjang logging dilakukan,” ujar Yani.

Yani menyampaikan, terkait dengan kondisi delapan warga yang mendapat perawatan di rumah sakit. Pihaknya, terus melakukan observasi atas keluhan yang dialami warga. “Saat ini dapat dipastikan kondisi aman dan PT SMGP terus lakukan monitoring,” pungkasnya.***

Penulis  : Eko
Editor    : Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top