Infrastruktur

Telkom Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi serta Satellite News Gathering (SNG) untuk Media Center KTT ASEAN 2023

Telkom Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi serta Satellite News Gathering (SNG) untuk Media Center KTT ASEAN 2023
Telkom Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi serta Satellite News Gathering (SNG) untuk Media Center KTT ASEAN 2023/foto suarainvestor

LABUAN BAJO, SUARAINVESTOR.COM – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN semakin dekat. Dalam hitungan hari, para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara akan hadir dan berdiskusi dalam perhelatan akbar yang mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” tersebut.

Ajang ini akan menjadi momentum bagi Indonesia sebagai tuan rumah untuk unjuk keunggulan dari berbagai aspek termasuk dalam hal telekomunikasi dan teknologi digital.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendapatkan amanat untuk menyediakan infrastruktur dan layanan telekomunikasi termasuk backupnya di seluruh venue pelaksanaan KTT ASEAN ke-42, salah satunya adalah media center.

Media Center menjadi  tempat yang sangat penting dalam perhelatan internasional ini. Jurnalis dari media lokal, nasional, dan internasional berkumpul di area tersebut untuk menyebarkan informasi mengenai hasil diskusi dan konferensi tingkat tinggi tersebut ke khalayak ramai.

Tentunya kesuksesan penyebaran informasi tersebut tidak lepas dari kualitas infrastruktur telekomunikasi yang menjadi tanggung jawab Telkom. Untuk itu Telkom telah menyiapkan pengamanan sistem komunikasi kabel laut, BTS Telkomsel dengan coverage 4G dan 5G, serta peningkatan kapasitas bandwidth.

Dalam hal pengamanan siber, Telkom turut menyiapkan Next-Gen Firewall sebagai antisipasi dari serangan siber.

Keseluruhan infrastruktur yang Telkom siapkan ini sejalan dengan pesan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate yang mengatakan bahwa sukses dari KTT ASEAN ini tidak lepas dari peran media sebagai penyebar informasi hasil dari konferensi ke masyarakat, dan untuk menyebarkan informasi tersebut diperlukan infrastruktur digital yang mumpuni.

Untuk itu, kesiapan jaringan khususnya telah Telkom siapkan di venue utama dengan menyediakan jaringan internet berkecepatan 3,9 Gbps dan 160 Access Point berkecepatan 4,4 Gbps, serta didukung Base Transceiver Station (BTS) .

Sementara di area Media Center, Telkom menyediakan jaringan internet 3,9 Gbps dengan 31 Access Point berkecepatan 1,4 Gbps untuk memastikan kelancaran penyebaran informasi selama summit berlangsung. Selain itu, terdapat 3 Satellite News Gathering (SNG) untuk mengakomodasi kebutuhan para awak media.

Sebelumnya, Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko menyampaikan bahwa Telkom telah menyiapkan infrastruktur terbaik termasuk backup serta layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan hingga lonjakan trafik selama perhelatan KTT ASEAN berlangsung.

“Selain kesiapan infrastruktur dan layanan, TelkomGroup juga menyiapkan Next Generation Firewall untuk mengantisipasi adanya serangan siber. Dengan kesiapan infrastruktur serta operasional dari sisi people, process, dan tools, kami yakin dan siap mendukung penuh momentum penting kenegaraan ini yang tentunya akan memberikan peluang yang sangat baik tidak hanya bagi perusahaan, masyarakat, tapi juga Indonesia,” pungkas Herlan.

Penulis: M Arpas

Editor: Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top