Investasi

Raih Investasi Rp720 Miliar, Mekari Fokus ke Fintech

Raih Investasi Rp720 Miliar, Mekari Fokus ke Fintech
ilustrasi perkembangan startup/Foto: Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Startup software-as-a-service (SaaS) Mekari mendapatkan pendanaan baru sejumlah Rp 720 miliar atau sekitar 50 juta dollar AS. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Money Forward Inc, yang merupakan perusahaan penyedia SaaS aplikasi perencanaan keuangan dan akuntansi asal Jepang. Pendanaan ini juga diikuti partisipasi investor sebelumnya.

Mengutip Kompas.com, CEO Mekari Suwandi Soh mengatakan, Mekari akan mengalokasikan kucuran dana kali ini untuk berekspansi ke layanan finansial teknologi (fintech). Harapannya, ekspansi ini dapat mendukung proses transformasi digital klien Mekari, terutama di skala UMKM.

Selain itu, ia katakan, Mekari akan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama tim produk dan engineering. Pasalnya sektor tersebut akan menjadi ujung tombak dari perancangan dan pembuatan solusi-solusi inovatif bagi penggunanya. “Saat pasar sedang memasuki tahap pemulihan ekonomi, transformasi digital sangat penting karena memberikan perusahaan, terutama UMKM, agility yang mereka butuhkan untuk berkembang. Oleh karena itu, fokus utama Mekari adalah untuk mendukung klien kami dalam perjalanan transformasi mereka dengan solusi teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan,” ungkap Suwandi dalam siaran pers, Selasa (17/5/2022).

Ia menambahkan, pihaknya juga sedang fokus mengembangkan berbagai layanan finansial kontekstual (contextual financial services) untuk membantu perusahaan menyelesaikan berbagai kebutuhan dan tantangan finansial yang unik. “Layanan keuangan merupakan faktor pendukung utama dalam meningkatkan akses finansial bagi seluruh pengguna dalam ekosistem Mekari. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah perluasan akses terhadap layanan keuangan yang terjangkau dan praktis bagi pelanggan kami,” tambahnya.

Sementara itu, President dan CEO Money Forward Inc Yosuke Tsuji mengatakan, pihaknya melihat besarnya potensi pasar Indonesia. Hal itu terlihat dari semakin banyak bisnis yang semakin fasih menggunakan teknologi. “Kerja sama dengan Mekari selama beberapa tahun terakhir telah meyakinkan kami, Mekari dapat mengoptimalkan potensi tersebut dan mendorong pertumbuhan digitalisasi di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami percaya Mekari mampu menjadi platform penting dalam hal pemberdayaan bisnis dan tenaga profesional di Indonesia,” terang dia.

Mekari sendiri menyediakan solusi teknologi bisnis seperti tools untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggajian, billing dan akuntansi, Customer Relationship Management (CRM), hingga perpajakan. Saat ini, Mekari memiliki lebih dari 35.000 klien dan lebih dari 800.000 pengguna aktif dengan mayoritas pengguna UKM. Beberapa brand yang berada di bawah naungan Mekari adalah Talenta, Jurnal, Qontak, Klikpajak, dan Flex.

Sebagai informasi, Menurut riset dari Boston Consulting Group, nilai pasar SaaS di diperkirakan akan meningkat sebesar 25 persen Compounded annual growth rate (CAGR) dan mencapai 800 juta dollar AS pada tahun 2023. Sejalan dengan perkembangan ini, Mekari juga telah mencatat pertumbuhan sebesar 11 kali lipat selama 4 tahun terakhir. Adapun, beberapa perusahaan yang telah melakukan investasi di Mekari pada putaran sebelumnya adalah East Ventures, Beenext, Mandiri Capital, Alto Partners, dan Prasetia. ***

Penulis    : Kompas.com
Editor      : Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top