Ragam

Nyaba Kampung Jadi Pendorong Pariwisata Lokal

Nyaba Kampung Jadi Pendorong Pariwisata Lokal
Forum Ketua RT dan RW Kelurahan Cipayung berinisiatif menggagas program Nyaba Kampung/Foto: A Rohman

TANGERANG SELATAN, SUARAINVESTOR.COM– Sebagai upaya meningkatkan kepedulian kepada pelestarian lingkungan, perubahan iklim dan kemanusiaan di lingkungan Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat, Forum Ketua RT dan RW Kelurahan Cipayung berinisiatif menggagas program Nyaba Kampung.

Nyaba Kampung adalah media pertemuan rutin dan bergilir antar kampung atau antar wilayah RW di Kelurahan Cipayung. Forum Ketua RT-RW Kel. Cipayung – yang dibentuk oleh 12 Ketua RW dan 68 Ketua RT se Kelurahan Cipayung pada tanggal 26 Maret 2022 – menggelar program Nyaba Kampung dengan semangat silaturahmi yang erat, persaudaraan yang kuat, dan kerjasama untuk mendukung terwujudnya Kelurahan Cipayung yang maju, makmur, dan masyhur.

Menurut Ketua Forum RT-RW Kel. Cipayung yang juga menjabat Ketua RW.10 Kel. Cipayung, Mulyadi Widodo, S.T., istilah Nyaba Kampung dipilih dari paduan kata yang terdengar tidak asing bagi Warga Kelurahan Cipayung pada khususnya dan Kota Tangerang Selatan pada umumnya. Nyaba Kampung merupakan gambaran budaya masyarakat Kelurahan Cipayung yang gemar mengunjungi saudara dan tetangganya untuk sekedar berkumpul, saling berdialog, saling membantu, dan saling berbagi solusi untuk kenyamanan, kesejahteraan, dan kebahagiaan masyarakat di wilayah Kelurahan Cipayung. Kegiatan Nyaba Kampung kali ini adalah yang kedua dilaksanakan di RW.10 Kel. Cipayung setelah yang pertama pada tanggal 7 Agustus 2022 silam. “Konsep Nyaba Kampung memiliki keunikan karena didesain dalam suasana santai dan guyub dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan, diantaranya pihak Kelurahan, seluruh Ketua RT-RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu, Posbindu, dan tokoh masyarakat di wilayah Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat,” ujarnya, Minggu (12/5/2024).

Dia melanjutkan, kegiatan Nyaba Kampung yang digelar di Sport Center Perumahan Nerada Estate ini menurut Ketua RW.10 Kel. Cipayung yang juga Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kopdarkamtibnas) Polsek Ciputat Timur ini mengundang sejumlah pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat diantaranya Walikota Tangerang Selatan, Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan, Pimpinan PMI Kota Tangerang Selatan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Tata Kota, Bangunan dan Pemukiman, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Camat Ciputat, Kapolsek Ciputat Timur, Danramil 05 Ciputat, Kepala RSIA Bunda Ciputat, TelkomAkses (PT. Telkom Indonesia, Tbk), Biznet (PT. Supra Primatama Nusantara), FiberStar (PT. Mega Akses Persada), PT. Intiraya Margaswadaya, Lurah Cipayung, Lurah Ciputat, 12 Ketua RW, dan 68 Ketua RT serta tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Ciputat.

” Selain kegiatan Nyaba Kampung, di lokasi yang sama Posbindu Nerada bersama PMI Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Donor Darah bagi warga Kelurahan Cipayung. Hingga saat ini tercatat 70 warga telah mendaftarkan diri sebagai calon pendonor darah melalui formulir daring dan memberikan kesempatan kepada warga lainnya untuk mendaftarkan diri secara langsung pada saat kegiatan donor darah,” pungkasnya.***

Penulis   :   A Rohman

Editor     :   Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top