Infrastruktur

NASA Sukses Kuasai Mars, Gelora Desak Indonesia Fokus Proyek Iptek

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah menerbangkan helikopter mini Ingenuity di Mars pada Senin (19/4/2021) lalu.

“Partai Gelora Indonesia mengucapkan selamat atas keberhasilan Nasa,” kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPN Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Henwira Halim dalam keterangannya, Kamis (22/4/2021).

Henwira menilai keberhasilan Ingenuity mengudara di atmosfir Mars yang sangat tipis merupakan bukti bahwa dengan fokus dan komitmen yang kuat umat manusia memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada.

“Bahkan tantangan yang ada di dunia lain jutaan kilometer jauhnya,” ujar Henwira.

Partai Gelora berharap kesuksesan Ingenuity dapat menjadi contoh bagi Indonesia untuk serius mengembangkan pendidikan dan riset di bidang sains, teknologi, dan rekayasa agar tidak tertinggal dari negara-negara lain di bidang antariksa.

“Partai Gelora mendesak agar pemerintah Indonesia lebih fokus pada komitmennya memajukan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam negeri ketimbang pada proyek-proyek konstruksi yang bersifat mercu suar,” katanya.

Menurut Henwira, Indonesia mempunyai potensi yang sama seperti NASA dalam mengembangkan helikopter mini Ingenuity. Sebab, Indonesia berpotensi sebagai salah satu  kekuatan besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi global.

“Tetapi hal itu menjadi tanggungjawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia untuk mewujudkan potensi itu menjadi sebuah kekuatan dan sumber daya untuk memajukan kehidupan bangsa dan berkontribusi pada kemajuan umat manusia di seluruh dunia,” katanya.

Untuk mewujudkan hal itu, Partai Gelora sendiri mengusung visi Arah Baru Indonesia menjadikan kekuatan lima besar dunia sejajar dengan negara besar seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Rusia dan China.

Seperti diketahui, setelah berhasil menerbangkan helikopter mini Ingenuity di Mars pada Senin (19/4/2021) lalu, NASA mengatakan, Ingenuity akan kembali mengudara sebanyak empat kali lagi dengan jarak dan ketinggian yang semakin bertambah.

Ingenuity juga dilengkapi sensor dan kamera untuk mengabadikan pemandangan Mars dari ketinggian.

NASA sendiri telah mengumumkan bahwa langkah berikutnya setelah kesuksesan Ingenuity di Mars adalah menerbangkan helikopter di Titan, bulan terbesar planet Saturnus, dalam 10 tahun mendatang. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top