Nasional

Dirjen Bina Pemdes Tinjau Desa Wisata Pulau Nitu, Pemandangan Bawah Laut Terindah di Kepulauan Sangihe

Dirjen Bina Pemdes Tinjau Desa Wisata Pulau Nitu, Pemandangan Bawah Laut Terindah di Kepulauan Sangihe/foto anjasmara

SANGIHE, SUARAINVESTOR.COM – Sebagai bentuk perhatian terhadap desa terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo berkesempatan hadir langsung meninjau Desa Wisata Pulau Nitu, Desa Para, Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (15/05/2022).

Dalam tinjauan ini Dirjen Bina Pemdes melihat secara langsung pengelolaan desa wisata di Pulau Nitu. Pulau Nitu sendiri merupakan salah satu Pulau yang mempunyai spot snorkeling terindah di Kepulauan Sangihe.

Tidak hanya meninjau sarana dan prasarana, Dirjen Bina Pemdes juga menikmati sensasi snorkeling di Pulau Nitu. Menurut Yusharto, pemandangan bawah laut di Pulau Nitu sangat indah.

“Merasakan snorkeling dan melihat pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karang dan ikan,” ungkap Yusharto.

Yusharto sangat mengapresiasi atas kemajuan pengelolaan desa wisata yang dikelola Pemerintah Desa Para yang saat ini menempati peringkat 300 Anugerah Persona Indonesia. Yusharto mengatakan kemajuan tersebut merupakan suatu hal yang baik. Ia berharap ke depan akan lebih baik lagi.

“Sangat mengapresiasi kemajuan desa, dan mudah-mudahan pengelolaan ke depan akan lebih baik lagi,” ungkap Yusharto.

Sementara itu, Sekretaris I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Irma Zainal berharap ke depan pengelolaan wisata di Pulau Nitu semakin membaik dengan penambahan sarana dan prasarana. Irma meminta agar keindahan bawah laut di Pulau Nitu tetap terjaga.

“Saya berharap dapat dijaga keindahan, agar terumbu karang tetap tumbuh, tidak ada perusakan,” ungkap Irma.

Kapitalaung (Kepala Desa) Para Elengkey Nesar mengatakan akan melakukan pembenahan atas saran dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. Ia akan lebih fokus memajukan pariwisata dengan keunggulan utamanya di wisata bawah laut.

Pulau Nitu merupakan salah satu destinasi snorkeling terbaik di Kepulauan Sangihe. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe saat ini serius menjadikan Pulau Nitu, Desa Para sebagai Desa Wisata andalan.

Di Pulau Nitu wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang pasirnya berwarna putih sekaligus bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling maupun menyelam. Di sekitar Pulau Nitu terdapat Pulau lainnya yang juga mempunyai spot snorkeling terindah.

Untuk menuju ke Pulau Nitu wisatawan bisa menggunakan Kapal dari Pelabuhan Nusantara Tahuna dengan jarak tempuh 90 menit.

Penulis: M Arpas

Editor: Budiono

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top