Nasional

Zulkifli Hasan: Fraksi Lain Tak Minta Jatah Pimpinan MPR/DPR

JAKARTA-Gonjang-ganjing revisi UU MD3 (MPR,DPR,DPD dan DPRD) yang tarik-menarik soal pimpinan MPR/DPR RI di DPR RI, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan senang kalau PDIP akan mengajukan Ketua FPDIP MPR RI Ahmad Basarah sebagai salah satu pimpinan MPR RI.

“Memang penambahan kursi pimpinan DPR dan MPR itu hanya diperuntukkan bagi Fraksi PDIP sebagai partai pemenang Pileg 2014,” tegas Zulkifli Hasan pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Karena itu Ketum PAN itu mendukung Basarah jika ditunjuk menjadi Wakil Ketua MPR RI. Apalagi Basarah selama ini sudah memimpin fraksi MPR RI. “Saya malah menyebutnya profesor Pancasila itu Ahmad Basarah, saya senang sekali,” ujarnya.

Namun demikian Zulkifli mengingatkan agar fraksi-fraksi di DPR RI tidak ikut-ikutan meminta jatah menjadi pimpinan DPR dan MPR. Sebab, pimpinan DPR dan MPR bukan tim kesebelasan seperti sepak bola.

Dimana untuk penambahan kursi untuk PDIP di periode sekarang ini bisa menggunakan ketentuan aturan peralihan.

Untuk itu ke depan kata Zulkifli, revisi UU MD3 itu bisa dilakukan secara menyeluruh dan proposional. Artinya, posisi ketua akan dijabat dari partai pemenang Pileg 2019 dan wakil-wakilnya diisi berdasarkan peringat perolehan suara terbanyak.

“Khusus untuk PDIP sekarang bisa menggunakan aturan peralihan. Sedangkan revisi untuk pimpinan MPR/DPR yang akan datang harus komprehensif berdasarkan pemenang pemilu 2019,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top