Nasional

Yohana Yambise: Pemerintah Tunggu Penyerahan RUU PKS

JAKARTA, Pemerintah sangat memperhatikan masalah kekerasan seksual ini karena makin mengkhawatirkan. Ibarat gunung es, karena ternyata masih banyak masyarakat yang belum melaporkan kasus itu kepada aparat kepolisian maupun pemerintah. Karena itu untuk membahas RUU itu pemerintah menunggu penyerahan RUU itu dari DPR RI.

“Untung ada masyarakat (LSM) yang membantu melapor ke polisi maupun pemerintah, sehingga sebagian sudah ditangani. Anehnya, para pelaku selama ini sebagian besar akibat memiliki akses pornografi,” tegas Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Yohana Susana Yambise dalam diskusi public ‘Indonesia darurat kekerasan seksual – mendorong disahkannya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual’ yang dibuka oleh Ketua FPKB DPR RI Ida itu bersama anggota Komisi XI DPR RI FPKB Hj. Nihayatul Wafiroh, dan Masruhah dari Komnas Perempuan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Karena itu dalam UU No.17 tahun 2016 yang terbukti melakukan kekerasan seksual terhadap anak usia 4 hingga 5 tahun maka pidananya seumur hidup atau hukuman mati.

“Jadi, pemerintah menunggu RUU inisiatif DPR RI untuk selanjutnya akan diterbitkan Ampres oleh Presiden RI, dan kemungkinan saya dan Menkumham RI yang akan mendapat tugas untuk membahas ini,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top