Industri & Perdagangan

Yaris Heykers Bermesin Aluminium Meluncur November

JAKARTA-PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terus melakukan inovasi terhadap mesin-mesin mobil Toyota, tak terkecuali dengan Yaris. Padahal beberapa waktu sebelumnya Toyota telah meluncurkan Sienta.

Namun karena kompetisi produksi mobil makin ketat dan sengit, maka TMMIN merasa perlu memproduksi Yaris Heykers guna mengimbangi Suzuki SX4 Scroos.

Ke depan, kemungkinan Yaris akan meninggalkan mesin lama 1 NZ – FE yang berbasis besi dan menggantikannya dengan model terbaru, 2NR-FE, berkapasitas sama 1.5L, aluminium, berteknologi dual VVT-i.

Dari penelitian, diduga mesin ini mampu membuat Yaris lebih irit konsumsi bahan bakarnya ketimbang model lawas.

Mesin ini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), juga digunakan oleh model Toyota yang lain, yakni Sienta.

Selain itu, mesin Yaris baru juga bakal tersedia dalam dua pilhan transmisi, manual 5-percepatan dan CVT.  Informasi ini tertuang dalam Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian, menuliskan pengajuan produksi Yaris oleh TMMIN tahun ini, adalah 5.280 unit untuk varian CVT dan 4.469 unit untuk yang manual.

Selain pembaruan pada sektor mesin dan transmisi, Toyota juga siap menambah varian Yaris yang dijual untuk Indonesia.

Varian ini disebut Heykers, sudah sempat mejeng di Arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2016. Ubahan utama ada pada bagian eksterior dan ground clearence yang lebih tinggi dari Yaris standar. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top