Nasional

Wiranto Nyatakan Mundur dari Ketua Pembina Hanura

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan didesak banyak pihak untuk mundur dari Ketua Dewan Pembina Hanura, akhirnya Wiranto menyatakan mundur. Juga mundur dari struktur kepengurusan partai, karena ingin fokus membantu Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024.

“Saat ini, saya menyatakan mundur dari Ketua Dewan Pembina Hanura. Mengapa? Ini kesadaran saya. Saya selalu berorientasi kepada tugas pokok saya. Saat ini, saya ditugaskan Presiden sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden,” tegas Wiranto saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Wiranto tak ingin disebut dirinya dipecat dari Partai Hanura. Apalagi, disebut mengkhianati partai. “Jadi, diputar-putar. Wiranto dipecat, Wiranto mengkhianati partai, jangan. Saya sudah duluan mundur,” ujarnya.

Ia menyadari, banyak pihak mendesaknya mundur dari Partai Hanura karena menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), termasuk kader-kader Partai Hanura.

Namun, berdasarkan Undang-undang nomor 19 tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden, jabatannya di Partai Hanura tidak melanggar UU tersebut.

“Coba lah baca secara jeli UU yang mengatur tentang watimpres. UU nomor 19 tahun 2006 sudah jelas di sana bahwa anggota watimpres termasuk ketua, tentunya ya tidak boleh rangkap jabatan, termasuk rangkap jabatan sebagai pimpinan partai politik,” ujarnya.

“Nah dalam pasal penjelasan UU itu ada dikatakan bahwa yang disebut pimpinan parpol adalah ketua umum atau sebutan lain dari ketua umum atau pengurus harian, nah sehingga ketua dewan pembina tidak tersentuh oleh larangan rangkap jabatan,” pungaksnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top