Nasional

Wapres Ma’ruf : Bangun Narasi Kerukunan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan penguatan kerukunan nasional harus dibentuk dalam dari sejumlah bingkai ke dalam satu bingkai yaitu bingkai kerukunan nasional. Adapun bingkai-bingkai yang ada itu antara lain bingkai politis, bingkai yuridis, bingkai sosiologis dan bingkai teologis.

“Bingkai politis adalah utamanya yaitu 4 Pilar yang tidak hanya harus kuat di dalam tataran kebijakan politik saja tetapi harus dapat diwujudkan dalam implementasinya di lapangan,” ucap Ma’ruf Amin dalam sambutannya di acara Riding Kebangsaan dan Grand Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Juara pertama cerdas cermat berhak memboyong satu unit Motor Harley Davidson dan juara lainnya memperoleh motor-motor lainnya.

Ma’ruf menambahkan kerukunan nasional juga harus diperkuat oleh bingkai yuridis yaitu yang menekankan pada penguatan aturan. Juga bingkai sosiologis yaitu penguatan dalam hubungan kemasyarakatan serta bingkai teologis yaitu penguatan dalam hubungan antar agama yang ada.

Terkait penguatan hubungan antar agama tersebut, Ma’ruf menekankan bisa ditempuh melalui adanya rasa saling membantu, saling mencintai, saling menyayangi, dan saling menolong. “Itulah arti teologi kerukunan yang harus kita bangun,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada semua elemen masyarakat agar menciptakan narasi kerukunan. Langkah itu penting agar kerukunan nasional dapat terus terpelihara.

“Kita bangun adalah narasi kerukunan. Jangan narasi perpecahan, narasi konflik. Oleh karena itu, dalam pergaulan, juga dalam menyampaikan aspirasi hendaklah membangun narasi kerukunan,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju mulus di atas aspal. Bikers juga mesti visioner, sehingga responsif menghadapi kondisi jalan di depan.

Bikers wajib mempunyai kontrol akurat, paham kapan menginjak rem dan kapan melaju. Bikers pun harus menjaga solidaritas, menunggu kawan yang tertinggal di belakang, dan mengingatkan yang melaju terlalu kencang di depan.

“Nilai-nilai filosofis tentang keseimbangan, visioner, kontrol diri, dan solidaritas adalah contoh positif dalam komunitas bikers yang juga seirama dengan nilai yang terkandung dalam Empat Pilar MPR RI. Sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Bamsoet.

Acara yang dimulai sejak Pukul 07.00 WIB diawali dengan rolling thunder dari depan Senayan City Mall menuju komplek MPR RI ini, diikuti ratusan bikers dari berbagai komunitas, dengan Bamsoet sebagai Road Captain.

Acara juga dihadiri Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Fadel Muhammad, Lestari Moerdijat, Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid dan Arsul Sani, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin dan Mahyudin, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain itu juga dihadiri Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Sekretaris Utama Lemhannas Mochamad Iriawan, Sekretaris Utama BIN Komjen Pol Bambang Sunar, Ketua Fraksi PKS Jazuli, Pembina BPIP Romo Benny, mantan Komisioner KPK Saut Situmorang, Mantan Wakapolri Komjen Pol Purn Nanan Sukarna, YouTuber Atta Halilintar dan lain-lain.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top